PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UMKM DI DESA TAMBUSAI

Main Article Content

Suci Nurulita
Al Azhar A
Nur Azlina
Fitri Humairoh
Taufeni Taufik

Abstract

Masalah pengelolaan keuangan merupakan salah satu masalah yang sering ditemui di dalam UMKM. Beberapa masalah pengelolaan keuangan umum yang sering dijumpai pada UMKM antara lain adalah masih tercampurnya keuangan pribadi pemilik dengan keuangan usaha, penentuan harga produk sering dilakukan secara sederhana dan intuitif tanpa menghitung biaya yang telah dikeluarkan secara cermat, metode pencatatan transaksi yang dilakukan masih belum baik, dan kurangnya pengetahuan mengenai pencatatan keuangan dan pengelolaan keuangan (akuntansi). Kegiatan ini ditujukan bagi pelaku UMKM di Desa Tambusai. Adanya kegiatan ini diharapkan pelaku UMKM dapat mengetahui perkembangan usaha dan dapat memanfaatkan akuntansi guna mendukung kemajuan UMKM. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah dengan menggunakan metode pelatihan terhadap Pelaku UMKM di Desa Tambusai - Kabupaten Kampar - Riau, tentang tata cara penyusunan laporan keuangan. Kegiatan pelatihan dimulai dengan acara pembukaan oleh Kepala Desa Tambusai, selanjutnya pemaparan materi oleh nara sumber, kemudian pembahasan kasus serta diskusi dengan peserta tentang proses penyusunan laporan keuangan UMKM. Indikator ketercapaian dapat dilihat bagaimana peserta tersebut memahami materi yang disampaikan dan diaplikasikan ke UMKM-nya masing-masing.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Suci Nurulita, Universitas Riau

Jurusan Akuntansi

Al Azhar A, Universitas Riau

Jurusan Akuntansi

Nur Azlina, Universitas Riau

Jurusan Akuntansi

Fitri Humairoh, Universitas Riau

Jurusan Akuntansi

Taufeni Taufik, Universitas Riau

Jurusan Akuntansi

References

Farhan, M., Novriansa, A., Kalsum, U., & Mukhtaruddin. (2020). Pengenalan Akuntansi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Kota Daro, Kabupaten Ogan Ilir. Journal of Sriwijaya Community Services, 1 (1), 47-54.
Fatwitawati, R. (2018). Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Sembadha 2018, Volume 01, Edisi 01 (pp. 225-229). PKN STAN Press.
Handayani, A. E. (2021). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan dan Perhitungan Harga Pokok Produksi Usaha Kecil Pembuatan Tempe di Desa Mangliawan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. In Book Chapter Abdimas Persembahan Unitomo Untuk Negeri. Surabaya: Unitomo Pres .
Harahap, A. K. (2017). Implementasi Manajemen Keuangan Sederhana Untuk Umkm Desa Kali Sari Kecamatan Natar Lampung Selatan. Sosioteknologi Kreatif, Vol. 1 No.2, 161-169.
Ikatan Akuntan Indoensia. (2018). Exposure Draft Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan EMKM. Jakarta: Salemba Empat.
Ikatan Akuntan Indonesia. (2009). Exposure Draft Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Persediaan (PSAK No. 14). Jakarta: Salemba Empat.
Jamain, T. H. (2019). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Kecil Kelompok anggota PKK Perum BPP Desa Cogreg Kecamatan Parung. urnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 2 (1), 66-75.
Kieso, D. E., Weygandt, J. J., & Warfield, T. D. (2015). Akuntansi Intermediate. Jakarta: Erlangga.
Mulyaga, F. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik pada UMKM. Semarang: In Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Prasetyo, A. H. (2010). Sukses mengelola Keuangan Usaha Mikro: Kecil Menengah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Undang-undang No.20 Tahun 2008. (n.d.). Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
Warsono, S., Sagoro, .., Ridha, E. M., Darmawan, M. A., & Arif. (2010). Akuntansi UMKM. Yogyakarta: Asgard Chapter.
Yuniarta, G. A. (2013). Persepsi Praktisi Akuntans Terhadap Kelayakan Hasil Pengembangan Perangkat Simulasi Akuntansi untuk Usaha Kecil Menengah Berbasis Multimedia. Jurnal Akuntansi Profesi Vol.3 No.1, 1-15.