PENGEMBANGAN MEDIA NUMBER BALL UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 ANAK USIA 4-5 TAHUN

Main Article Content

Putri Hanida
Enda Puspitasari
Yeni Solfiah

Abstract

Penelitian ini dilakukan di RA Nurul Iman, Medan Kota Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara. Number Ball menggunakan papan akrilik angka dan lubang tabung tempat anak memasukkan bola sesuai dengan jumlah angka yang tertera. Sensor lampu akan menyala secara otomatis ketika bola dimasukkan dengan jumlah dan angka yang tepat.


Penelitian ini mengadopsi model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari tujuh tahap. Namun, beberapa tahap tidak dapat dilakukan karena keterbatasan biaya dan waktu akibat pandemi Covid-19. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pendidik. Selanjutnya, dilakukan uji coba terbatas. Data yang dihasilkan mencakup data kuantitatif dan kualitatif.


Hasil analisis validasi menunjukkan bahwa media Number Ball mendapatkan tingkat kelayakan yang tinggi. Validasi oleh ahli materi mencapai 88,75%, validasi oleh ahli media mencapai 90%, dan validasi oleh ahli pendidik mencapai 91,59%, semuanya dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Number Ball telah memenuhi kriteria kelayakan untuk mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun.


Kata Kunci: Pengembangan Media, Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan

Article Details

Section
Articles

References

Adjie, N., Putri, S. U., & Dewi, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Anak Usia Dini.
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Offset Remaja Rosdakarya
Amalina, A. (2020). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2020. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 538-548.
Rayandra Asyhar. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Seto Muljadi. 2014. Sekolah Anak-anak Juara. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Prenada Media Group. Jakarta.
Suyadi dan Maulidya Ulfa. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Solfiah, Yeni, Hukmi Hukmi, and Febrialismanto Febrialismanto. "Games Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini.
Tadkirotul Musfioh, dkk. 2012. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Banten: Universitas Terbuka.