PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA INTERAKSI DAN PROMOSI BAGI UMKM TIGA PUTRA KELURAHAN SUKAMULIA KOTA PEKANBARU

Main Article Content

Aznuriyandi Aznuriyandi
Dwika Lodia Putri
Nurmansyah Nurmansyah

Abstract

Promosi adalah penunjang dalam pemasaran dan penjualan produk. Promosi bertujuan untuk memastikan produk tersalurkan kepada konsumen.Melihat pengaruh dari media digital dan komunikasi global yang terjadi saat ini, penting untuk diadakan pelatihsn tentang inovasi strategi promosi dan media interaksi secara verbal dan visual yang tertuang pada media sosial.


.


Pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan peluang dan kesempatan usaha UMKM Tiga Putra untuk terus eksis dan bertahan dengan memanfaatkan media sosial sebagai bentuk media promosi dan interaksi dengan pelaku digital. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman tentang media sosial serta prospek jangka panjang. Pada promosi dapat dilakukan mengunggah menu baru, yang menjadikan daya tarik para pelaku digital.


 


Kata Kunci: Pelatihan, Media Sosial, Interaksi dan Promosi

Article Details

Section
Articles

References

Baudrillard, Jean. (2009.). Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta :: Kreasi Wacan.
D. S. Puspitarini and R. Nuraeni. (2019). “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House),” . J. Common, vol. 3, no. 1, pp. 71–80.
K. Rusman, D. Desie, M. D. Warouw, and D. Yuriewaty. (2015). “Peranan Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Produk,”. Acta Diurna, vol. IV, no. 5, p. 7, .
Nasrullah, R. (2015. ). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : : Simbiosa Rekatama Media.
Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta:: Elex Media Komputindo.
R. R. Putra, U. L. Siti Khadijah, and C. U. R. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Penerapan Konsep Smart Tourism di Kabupaten Pangandara. Jurnal Master Pariwisata,, Hal. 7.
Sofiyana, M. S. et al. (2021). “Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM di Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar,”. Aptekmas J. Pengabdi. Kpd. Masy, , vol. 4, no. 4, pp. 96–100.
Spratman, L. P. (2020). Peggunan Media Sosial oleh Digital Native. Jurnal Komunikasi, 1(2).
Susanto, S. d. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. Simbolika,, 4(1).