PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN DI SMK MUDA PEKANBARU MELALUI PELATIHAN ECO-ENZYM

Main Article Content

Jeni Wardi
Liviawati Liviawati
Gusmarila Eka Putri

Abstract

 


Edukasi mengenai pengelolaan sampah harus dilakukan sedari dini dan di setiap lapisan masyarakat. Peran perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan sangat diperlukan dalam mensosialisasikan program pengelolaan sampah. Berdasarkan hal ini tim pengabdian dosen FEB Unilak akan memberikan edukasi sehingga budaya pengelolaan sampah dan cinta lingkungan ini dapat tumbuh pada diri masyarakat pada umum dan anak-anak sekolah pada khususnya.


Berdasarkan hal ini Kami tim pengabdian dosen FEB unilak untuk kedua kalinya melakukan pengabdian dalam rangka membentuk karakter siswa sejak dini cinta lingkungan melalui edukasi dan pelatihan pembuatan eco enzim, yang mana setelah semester lalu kami mengadakan pengabdian dalam bentuk sosialisasi dan edukasi zero waste. Sebagai mitra kami  dalam hal ini adalah SMK Muhamadiyah 2 Pekanbaru yang mempunyai Misi Menumbuh kembangkan budaya hidup hemat energi, cinta kebersihan, dan keindahan serta kelestarian lingkungan bagi seluruh warga sekolahnya. Kegiatan pelatihan membuat ecoenzyme dipraktekkan di hadapan para siswa dan guru, termasuk kepala sekolah yang terlihat antusias karena kegiatan ini sangat mendukung kurikulum sekolah dengan topik berwawasan lingkungan. Guru dan siswa terlibat dalam pembuatan ecoenzyme yang dipraktekkan oleh narasumber yang merupakan dosen pertanian Unilak.


 


 


Kata Kunci : Karakter,  Cinta Lingkungan, Sejak dini, Eco-enzym, Pengelolaan Sampah


 

Article Details

Section
Articles

References

Harlistyarintica, Y., Wahyuni, H., Widiyawanti, Yono, N.,
Sari, I. P., Cholimah, N. (2017). Penanaman Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Jari Kreasi Sampah Bocah Cilik di Kawasan Parangtritis. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 20-30.

Andi Cahyadi, Sriati, Andy Al Fatih, 2018, ”Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Melalui Bank Sampah di Kabupaten Purbalingga”, Demography Journal of Sriwijaya, Vol. 2, Fakultas Sriwijaya.

Anih Sri Suryani, 2014, “Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi
Kasus Bank Sampah Malang”, Jurnal DPR, Vol. 5, Nomor 1.

Valentine Theresia, 2019., “ Peran Bank Sampah Dalam Pengelolaan Sampah Sebagai Upaya Pencegahan Pencemaran Lingkungan di Kota Yogyakarta”.

Bernadin. D.M., Desmintari dan Yuhanijaya. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Desa Citeras Rangkasbitung Melalui Pengolahan Sampah dengan Konsep Ecoenzyme dan Produk Kreatif yang Bernilai Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(1):

Dewi, M.A., R. Anugrah, dan Y.A. Nurfitri. Uji Aktivitas Antibakteri Ekoenzim Terhadap Escherichia coli dan Shigella dysenteriae. Prosiding Seminar Nasional Farmasi (SNIFA)2 Unjani. Hal:60–68.