PELATIHAN PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PENTINGNYA INOVASI DAN NETWORKING DALAM MENJALANKAN USAHA BAGI UMKM WANITA DI BANGKINANG KOTA KABUPATEN KAMPAR

Main Article Content

Librina Tria Putri
Litra Diantara
Hendrizal Hendrizal
Mustafa Kamal
Auzar Ali
Amri Qadar

Abstract

Seiring dengan pekembangan jaman, semakin banyak wanita yang berwirausaha, jika dahulu wanita dianggap lebih pantas menjadi ibu rumah tangga, tetapi telah banyak wanita yang membuktikan bahwa mereka pantas dan layak sejajar dengan pria. Dalam menjalankan usaha agar mampu bertahan dipasar maka wirausaha hendaknya mampu melakukan  Inovasi dan memiliki kreatifitas yang tinggi hal ini juga harus dilakukan oleh wirausaha wanita dalam melakukan kegiatan bisnis. Dengan mengembangkan produk atau layanan yang lebih baik, lebih efektif, atau lebih memuaskan, mereka dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang yang kuat. Jaringan (networking) juga memungkinkan wirausaha wanita untuk menemukan mentor atau role model yang dapat memberikan panduan, inspirasi, dan dukungan dalam menghadapi tantangan dalam bisnis. Melalui interaksi dengan orang-orang yang telah berhasil dalam bidang yang sama atau serupa, mereka dapat belajar dari pengalaman dan pemikiran mereka, serta mendapatkan dorongan untuk tumbuh dan berkembang.


 


Abstrak          :           Wirausaha Wanita; Inovasi; Jaringan Bisnis; Networking

Article Details

Section
Articles

References

Anjaningrum, W. D. (2020). Efektivitas Digital Marketing Dan Networks Dalam Mendongkrak Kinerja Pemasaran UKM Di Masa Pandemi Covid-19. SENABISMA: Seminar Nasional Administrasi Bisnis Dan Manajemen, 6(7), 50–61.
Meuthia, M., Lita, R. P., Faisal, R. F., Rahmi, D. Y., & Gusmai, M. (2019). Model Keterkaitan Inovasi Produk, Citra Merek, Persepsi Nilai dan Intensi Pembelian Produk Kerajinan Tenun Kubang di Sumatera Barat. JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN. https://doi.org/10.26905/jmdk.v7i2.3290
Putri, L. T. (2015). Entrepreneurship role and E-Commerce in business environment for achieving the market culinary business in pekanbaru province riau. International Journal of Applied Business and Economic Research, 13(7), 4907–4919.
Putri, L. T. (2016). Analisis peranan usaha rumahan (bisnis online) dalam peningkatan pendapatan masyarakat Kota Bangkinang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Journal of Business Studies, 2(1).
Putri, L. T., & Irfandi, N. (2019). Analisis Daya Tarik Wisata Kuliner Malam (WKM) terhadap Kunjungan Wisatawan di Kota Pekanbaru. Ikraith Ekonomika, 2(2).
Tambunan, T. (2020). Small Business in Indonesia (pp. 98–117). https://doi.org/10.4018/978-1-7998-4984-1.ch006