PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL TSTS DENGAN MENGGUNAKAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII.7 SMP NEGERI 6 PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2021/2022 PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Main Article Content

Reniwati Reniwati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSTS (Two Stay Two Stray) dengan menggunakan handout terhadap peningkatan motivasi belajar Matematika siswa kelas VIII.7 SMPN 6 Pekanbaru tahun pelajaran 2021/2022 pada  materi kubus dan balok. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan sebanyak dua putaran (Siklus). Setiap putaran dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII.7 di SMPN 6 Pekanbaru dengan jumlah sebanyak  39 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Data yang diperoleh berupa hasil belajar Matematika yang didapat dari test dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi test, observasi dan dokumentasi. Dari hasil pada siklus I hasil belajar siswa menjadi 63,44% dengan klasifikasi tidak aktif. Sedangkan pada siklus II hasil siswa dalam belajar mengalami peningkatan menjadi 81,19% dengan klasifikasi sangat aktif. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan dalam proses pembelajaran Matematika dengan model penerapan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural TSTS (Two Stay Two Stray) dengan menggunakan handout pada mata pelajaran Matematika pada siswa kelas VIII.7 di SMPN 6 Pekanbaru dapat dikatakan berhasil sepenuhnya.


 


Kata Kunci : Belajar, Motivasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Struktural TSTS, Handout

Article Details

Section
Articles

References

Afriyeni, I. 2005. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Struktural Teknik TSTS Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas 11 SLTP Kartika 1-5. Skripsi tidak diterbitkan. Riau:Program Studi 1 Urniversitas Riau.
Baharuddin & Wahyuni, E.N. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media Group.
Chairil, 2009. Media Handout, (online), (http://chai-chairil.blogspot.com/, diakses 2 Sepetmber 2009).
Kusuma, R.A. 2009. Penerapan pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII4 SMPN 1 Kampar Kiri Tahun Ajaran 2008/2009.Skripsi tidak diterbitkan. Riau: Program Strata 1 Universitas Islam Riau.
Lie, A. 2004. Cooperative Learning Mempraktekkan Cooperatif Learning diruang-ruang Kelas. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Majid, A. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : PT Raja Grafindo.
Murni, A., Erviyenni., Natalina, M. & Irianti, M. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Media. Pekanbaru: Cendikia Insani.
Nasution. 1995. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Nasution, M.A. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Risnawati. 2009. Penerapan Stategi Permainan Domino Matematika dalam Model Pembelajarann Langsung Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika siswa Kelas VB SDN 004 Rintis Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru. Skripsi tidak diterbitkan. Riau: Program Strata 1 Universitas Islam Riau.
Sanaky, A,H. 2009. Pembuatan Diktat, Modul, dan Handout,(http:// Sanaky.Staff.Uii.ac.id/2009/06/12/pembuatan Diklat-Modul-dan Handout).
Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Slavin, R. E. 1995. Cooperative Learning Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bacon.
Uno, B.H. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.
Usman, U.M. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wardani, I.G.,Wihardit, K. & Nasoetion, N. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang: Universitas terbuka.