PELATIHAN PENGOLAHAN DATA STATISTIC MENGGUNAKAN SPSS BAGI MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Main Article Content

Dama Mustika
Muhammad Makruflis

Abstract

Pentingnya program aplikasi untuk mengolah data yaitu SPSS  merupakan kebutuhan utama dalam pembuatan tugas akhir atau skripsi. Permasalahan yang terjadi dalam pembuatan skripsi adalah mahasiswa sering tidak memahami alur skripsi yang akan dilanjutkan ke pengolahan data, tidak memahami alat tes dan fungsi asumsi klasik dan dalam proses pengolahan data mengalami ketidaksesuaian hasil karena input data yang salah. Pengabdian ini dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan ceramah, tanya jawab, diskusi dan praktek langsung dalam menggunakan SPSS. Peserta pelatihan berjumlah 25 siswa. Hasil pelaksanaan pelatihan adalah 80∞ mahasiswa yang sudah paham dan terampil dalam mengolah data dan tidak menganggap pengolahan data itu sangat sulit. Artinya siswa sudah memahami secara teoritis dari materi yang disampaikan dan secara praktek dengan contoh-contoh data yang dikerjakan.

Article Details

Section
Articles

References

Basuki, A. T., & Nazaruddin, I. (2016). Analisis Statistik Dengan SPSS. Edisi 1 Cetakan 2. Danisa Media. Yogyakarta.
Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1).
Hasan, M. I. (2015). Statistik 2. Bumi Aksara. Jakarta.
Kemendikbud. (2014). Modul Pembelajaran SPSS (Statistical Package For The Social Sciences). Kemendikbud. Jakarta.
Nugroho, A. P. (2018). Statistik Untuk Ekonomi Dan Sosial Menggunakan SPSS. Deepublish. Yogyakarta.
Rismen, S. (2015). Analisis kesulitan mahasiswa dalam penyelesaian skripsi di Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI. Lemma, I(2).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet. Bandung.
Sujarweni, W. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.