PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) PADA MATERI PENTINGNYA USAHA PEMBELAAN NEGARA KELAS IX.4 DI SMP NEGERI 30 PEKANBARU

Main Article Content

Yesi Hartati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa  pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)  pada materi memahami dampak globalisasi dengan penerapan pembelajaran  kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)  pada kelas IX.4 di SMP Negeri 30 Pekanbaru. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 – Oktober 2022.


Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan sebanyak dua putaran (Siklus). Setiap putaran dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX.4 di SMP Negeri 30 Pekanbaru dengan jumlah sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Data yang diperoleh berupa hasil belajar PKN yang didapat dari test dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi test, observasi dan dokumentasi.


Dari hasil pada siklus I hasil belajar siswa menjadi 40% dengan klasifikasi tidak aktif. Sedangkan pada siklus II hasil siswa dalam belajar mengalami peningkatan menjadi 60% dengan klasifikasi sangat aktif. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan dalam proses pembelajaran PKN dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran PKN pada siswa kelas IX.4 di SMP Negeri 30 Pekanbaru dapat dikatakan berhasil sepenuhnya.


 


Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT)

Article Details

Section
Articles

References

Asep Jihad, 2008, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta : Multi Pressindo.

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Isjoni, 2007, Cooperative Learning, Bandung : alfabeta.

Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia.

Nana, Sujana, 2004, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Ngalim Purwanto, 1988, Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Karya.

Ngalim Purwanto, 2001, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Nurdin Ibrahim, 2000, Hubungan Tempat Tutorial Tatap Muka dengan Hasil Belajar Siswa SLTP Terbuka, Jurnal Teknodik, Oktober.

Peraturan Pemerintah, Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional RI.

R E Slavin, 1994, A Practical Gaide To Cooperative Learning, USA : A Division Of Paramount Publishing.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sukardi, 2004, Metodologi Peneltian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta : Bumi Aksara.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik.
Jakarta: PRESTASI PUSTAKA.

Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Depertemen Pendidikan Nasional RI.