USAHA GURU DALAM PENINGKATAN BELAJAR BAHASA INGGRIS TENTANG SUB TEMA SIMPLE PRESENT TENSE MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE PADA KELAS VII.8

Isi Artikel Utama

Jusmelly Jusmelly

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan belajar Bahasa Inggris tentang sub tema simple present tense menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write pada kelas VII.8 SMPN 8 Pekanbaru. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas de ngan sebanyak dua putaran (Siklus). Setiap putaran dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII.8 di SMP Negeri 8 Pekanbaru dengan jumlah sebanyak 38 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Data yang diperoleh berupa hasil belajar Bahasa Inggris yang didapat dari test dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi test, observasi dan dokumentasi. Dari hasil pada siklus I hasil belajar siswa menjadi 47,4 % dengan klasifikasi tidak aktif. Sedangkan pada siklus II hasil siswa dalam belajar mengalami peningkatan menjadi 84% dengan klasifikasi sangat aktif. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris dengan penerapan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write pada kelas VII.8 SMPN 8 Pekanbaru dapat dikatakan berhasil sepenuhnya.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Anggi, Nuraeni. 2012. “Pengaruh penerapan model cooperatif learning tipe Think Talk Write (TTW) terhadap pemahaman konsep pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Bandung dalam mata pelajaran ekonomi”.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara.



Bahasa Inggris Kelas VII, when English Rings a Bell. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (EDISI REVISI 2016).

Dimyati dan M udjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Strategi Belajar Mengajar. B an dung: Pustaka Setia.

Isjoni. (2011). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok.Bandung: ALFABETA.

Jusmelly, S.Pd, ( PTK : 2019 ). Usaha Guru dalam Peningkatan belajar Bahasa Inggris tentang Sub Tema “Simple Present Tense menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write pada kelas VIII.7 SMP N 8 Pekanbaru”.

Komalasari, Kokom. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004), 65. Ibid.

Ratna Wilis Dahar, Teori-Teori Belajar (Jakarta: Depdikbud Dirjend Lembaga Tenaga Kependidikan, 1988).

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja G rafindo Persada.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. B an dung: Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : CV. ALFABETA.

Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan (Jakarta: Rajawali Pers, 1990),. 247.

Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Wayan dan P.P.N Drs.Sumartana, Evaluasi Pendidikan Usaha Nasional, Surabaya,1986.