Kewirausahaan Bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga Kelurahan Sungai Sibam Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru

Main Article Content

Hardi Hardi
Nurhayani Lubis
Efrita Soviyanti

Abstract

Kelurahan Sungai Sibam Kecamatan Payung sekaki adalah kelurahan baru dimekarkan pada awal tahun 2017 kondisi kependudukan di daerah tersebut berkisar antara 6 ribu Kepala Keluarga dan jmalah penduduknya lebih dari 10 ribu orang. Berkenaan dengan banyaknya jumlah penduduk tentunya menjadi peluang untuk melakukan suatu kegiatan yang bisa menghasilkan unag tambahan bagi ibu-ibu rumah tangga.  Pengembangan usaha kecil yang dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga pada saat waktu sengang setelah mengurus rumah tangga tentunya bisa membantu perekonomian keluarga, Menjalani usaha kecil, dengan membuka sendiri usaha sendiri tak selamanya menyenangkan. Namun ini harus dijalani oleh banyak orang karena ketiadaan pilihan. Untuk memasuki dunia kerja kadang usia sudah  sangat tidak memungkinkan, apalagi pendidikan formalnya hanya lulus SD, SMP, sebagian ada lulusan SMA, dan kadang justru ada yang tidak tamat SMP atau bahkan tidak tamat SD. Mereka  berasal dari berbagai daerah, mengadu peruntungan ketrampilan yang dimilikipun sangat terbatas. Jika tidak ada kemauan yang kuat dan keinginan untuk terus belajar serta usaha yang tak kenal lelah untuk mencari order pekerjaan, yang membuat mereka tetap eksis, adalah kemauannya untuk terus hidup dan berkembang, serta optimisme. Manfaat kewirausahaan ditunjukkan bahwa pemilik bisnis kecil menyakini bahwa mereka bekerja lebih keras, menghasilkan lebih banyak uang, dan merasa lebih bahagia daripada bekerja untuk orang lain atau perusahaan lain. Dalam situasi ekonomi sesulit apapun, wirausaha harus tetap optimis dalam menggeluti bisnisnya. Sebab keberanian wirausaha dalam menggeluti bisnisnya terletak pada optimisme. Dengan tetap optimis maka kita akan terus termotivasi dan cemerlang dalam memanfaatkan peluang bisnis.


 


 

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah Abiding, SE, 2013, Jurnal Koperasi dan UMKM, Universitas
Hasanuddin,www.bimakab.go.id

Asep Saefullah, 2011, Kewirausahaan, Penerbit andi Yogyakarta

Erick Namara, 2007, 101 peluang bisnis, penerbit Media Pressindo, Yogyakarta

H. Moko. P. Asta Moen, 2008, Entrepreneurship, penerbit Alfabeta,

Hardi, H. (2017). Peningkatan Pemahaman Pembuatan Bakso Dari Ikan Patin Dalam Jajanan Sehat Untuk Keluarga. Jurnal Diklat Review, 1(3), 129-133.

Indah Ratnaningsih, 2010, 99 bisnis, penerbit Penebar Pew, Jakarta

Kasmir, 2006, kewirausahaan, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada Jakarta

Mulkyadi Nitisusastro, 2009, Kewirausahaan &Manajemen Usaha Kecil, penerbit
Alfabeta Bandung

Martin Perry, 2002, Mengembangkan usaha kecil, penerbit PT. Rajagrafindo
Persada, Jakarta

Novita, N. (2016). Analisis Kreatifitas Kelompok Masyarakat Menghadapi Kondisi Ekonomi Rumah Tangga. Jurnal Daya Saing, 2(2), 150-159.

Riau, S. T. I. E. Motivasi Perempuan Berwirausaha Melalui Kelompok Arisan Program Pemberdayaan Masyarakat (Pkk) Di Kota Pekanbaru.

Rahman, F. (2017). Peran Modal Manusia Dan Modal Investasi Terhadap Nilai Produksi Industri Kecil Di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita, 2(1), 1-9.

Sugiarto, 2007, Undang undang dan peraturan tentang usaha kecil dan
menengah, penerbit Visi
Media, Jakarta.

Thomas W. Zimmerer, Norman M. Scarborough, 2008, kewirausahaan dan manajemen usaha kecil , edisi 5 buku 2, penerbit Salemba Empat Bandung