Peningkatan Pengetahuan Siswa-Siswi Sebagai Alternative Ketahanan Siap Kerja Dalam Menghadapi MEA Pada SMK Nurul Falah Pekanbaru

Main Article Content

Wita Dwika Listihana
Dini Onasis
Afvan Aquino

Abstract

Komitmen untuk mewujudkan Masyarakat Ekonomi ASEAN ditandai dengan diberlakukannya arus barang dan jasa di antara negara-negara ASEAN akan bebas untuk melintasi batas-batas Negara secara fisik dan administratif, tanpa hambatan. Kehadiran MEA membawa peluang besar bagi semua karyawan ASEAN dan tentu saja membawa serta sejumlah peluang dan tantangan. 4 (empat) jurusan yang dimiliki oleh SMK Nurul Falah mendidik, mencetak dan melahirkan pekerja terampil, tetapi lulusan keempat jurusan ini akan terancam keberadaannya di dunia kerja dengan adanya persaingan bebas untuk keberadaan keberadaan MEA. Oleh karena itu, pentingnya Persiapan dan Pemahaman yang solid dan kuat pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan Nurul Falah dalam mengantisipasi dan menghadapi MEA. SMK Nurul Falah meminta TIM dari Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning untuk mengisi ruang kosong yang mereka hadapi, ruang kosong ini akan diisi oleh TIM dari Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning dalam memberikan peningkatan pengetahuan tentang MEA sebagai alternatif pekerja siap pakai. dalam menghadapi MEA di SMK Nurul Falah Pekanbaru. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat akan diberikan solusi atas masalah mitra di atas. Yaitu: Memberikan pengetahuan kepada Mitra dan pemahaman yang lebih mendalam tentang Perubahan terbaru pada MEA. Memberikan kepada Mitra pengetahuan dan pemahaman tentang kesiapan dan ketahanan siswa harus menghadapi MEA. Memberikan kepada Mitra pengetahuan dan pemahaman tentang kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman yang dihadapi siswa dalam menghadapi MEA. Siswa dan siswa tahu MEA secara umum, tetapi tidak tahu dan memahami MEA secara mendalam. Pemahaman tentang pengetahuan dan wawasan dan keterampilan yang harus disiapkan dan dimiliki oleh siswa harus dimulai dari tahun sekolah di sekolah kejuruan. Siswa harus memiliki keterampilan dan kompetensi di luar yang diperoleh di sekolah untuk mempertajam kemampuan kompetitif mereka dengan pasar perdagangan bebas MEA.


 

Article Details

Section
Articles

References

Hardi, H., & Zaharman, Z. (2018). Strategi Pemerintah Kota Pekanbaru Dalam Pemberdayaan Dan Pembinaan Umkm Menghadapi MEA. Jurnal Daya Saing, 4(1), 36-47.
Gobel, Rachmat. (2015). Fokus. Masyarakat Ekonomi ASEAN Segera Datang, hlm. 8-10.
Primasanto, T. A,. (2010). Pengiriman Tenaga Kerja Terampil Indonesia ke Luar Negeri : Pelajaran dari Filipina. Jural Diplomasi.Vol 2 No. 1
Robbins, Stephen P. (2002). Prinsip-prinsipPerilaku Organisasi. Edisi 5. Jakarta : Erlangga.

Suatma, Jasa. (2012). Kesiapan Indonesia dalam Menghadapi ASEAN Economic Community 2015. Jurnal STIE Semarang, VOL 4, I (1): 1-7.
Triani, Ni Nyoman Alit., Erlina Diamastuti, dan Merlyana Dwinda Yanthi. (2014). Kesiapan Profesi Akuntan di Indonesia dalam Menghadapi MEA. I (1): 3-8.