Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Materi Induksi Elektromagnetik Kelas IX Di SMP Budhi Luhur Pekanbaru

Main Article Content

Darmaweny Darmaweny

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada materi Induksi Elektromagnetik dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif Jigsaw Learning di kelas IX di SMP Budhi Luhur Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan sebanyak dua putaran (Siklus). Setiap putaran dilakukan dengan empat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Budhi Luhur Pekanbaru dengan total 26 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data yang diperoleh berupa hasil belajar sains yang diperoleh dari tes dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Dari hasil pada siklus pertama hasil belajar siswa menjadi 40% dengan klasifikasi tidak aktif. Sedangkan pada siklus II siswa dalam hasil belajar meningkat menjadi 60% dengan klasifikasi sangat aktif. Situasi ini menunjukkan bahwa peningkatan proses pembelajaran IPA dengan penerapan pembelajaran kooperatif metdod Jigsaw Learning pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas IX di SMP Budhi Luhur Pekanbaru dapat dikatakan sepenuhnya berhasil.

Article Details

Section
Articles

References

Asep Jihad, 2008, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta : Multi Pressindo.

Hadiyati, H., Fatkhurahman, F., & Suroto, B. (2017). Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik Di Smp N 3 Kampar Kiri Tengah. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1, Des), 122-128.

Hadiyati, H., & Fatkhurahman, F. (2017). Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik (Guru SD) Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Jurnal Diklat Review, 1(1), 18-24.

Isjoni, 2007, Cooperative Learning, Bandung : alfabeta.

Nana, Sujana, 2004, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo

Ngalim Purwanto, 1988, Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Karya.

Ngalim Purwanto, 2001, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Nurdin Ibrahim, 2000, Hubungan Tempat Tutorial Tatap Muka dengan Hasil Belajar Siswa SLTP Terbuka, Jurnal Teknodik, Oktober.

Nurmawati. 2012. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDS Bahreisy Surabaya. Surabaya: PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya.

Peraturan Pemerintah, Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional RI.

R E Slavin, 1994, A Practical Gaide To Cooperative Learning, USA : A Division Of Paramount Publishing.

Sukardi, 2004, Metodologi Peneltian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta : Bumi Aksara.

Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Depertemen Pendidikan Nasional RI.

Wina, Sanjaya, 2006, Strategi Pembelajaran, Jakarta : Prenada Media.