Penerapan Layanan Informasi bagi Siswa dalam Menghadapi Berbagai Jenis Ujian di Sekolah Menengah

Main Article Content

Winoto Winoto

Abstract

Menghadapi ujian bagi siswa sekolah menengah menjadi pengalaman tersendiri dan menjadikan mereka terkadang kurang siap. Melalui peneran penelitian tindakan kelas diperoleh hasil menunjukkan bahwa peran BK sebagai tempat informasi dan penyaluran siswa materi cerdas dalam menghadapi ujian dan peran BK sebagai tempat informasi dan penyaluran siswa, melalui model pembelajaran informasi dan penyaluran   terus mengalami peningkatan. Fleksibel terkesan antara siswa dengan guru BK dalam berinteraksi satu sama lain, guru BK lebih leluasa untuk menampung berbagai keluhan yang dirasakan oleh siswa.




Article Details

Section
Articles

References

Daryanto, Strategi dan Tahapan Mengajar, ( Bandung: Yrama Widya, 2013), h. 12

Djamarah, Syaiful Bahar., Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rieneka Cipta

Efendi, M. (2013). Pengembangan Media Blog Dalam Layanan Informasi Bimbingan Dan Konseling. Jurnal BK UNESA, 1(1).

Hadiyati, H., Fatkhurahman, F., & Suroto, B. (2017). PELATIHAN MANAJEMEN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI TENAGA PENDIDIK DI SMP N 3 KAMPAR KIRI TENGAH. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1, Des), 122-128.

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan konseling sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(4), 447-454.

Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84-92.

Yunita, E. (2013). Penerapan Spiritual Emotional Freedom Technique Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa SMA Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal BK Unesa, 3(1).

Swasti, K. G., & Pujasari, H. (2013). Penurunan Ansietas Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas XII SMAN X Melalui Pemberian Terapi Suportif. Jurnal Keperawatan Soedirman, 8(2).