Meningkatkan Kinerja Guru melalui Pemberian Motivasi Berkelanjutan di SMP N 3 Kampar Kiri Tengah

Main Article Content

M Yasir

Abstract

Guru berperan aktif dalam program belajar mengajar, dalam proses transfer pengetahuan kepada guru menjadi bagian penting untuk mendapatkan perhatian dan juga dorongan serta pembentukan budaya kerja. Guru selain sebagai petugas yang memberikan pengetahuan juga sebagai individu yang perlu tetap terus memiliki motivasi dalam bekerja. Semangat kerja yang naik turun menjadi bagian permasalahan dalam menghasilkan kinerja guru dalam mengajar. Melalui metode pemberian motivasi secara berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru tersebut. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode tindakan kelas, dengan menggunakan guru sebagai objek penelitian dan juga dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian motivasi secara berkelanjutan dalam bentuk mengevaluasi dalam rapat setiap bulan memberikan dampak positif terhadap kinerja guru dalam menjalankan aktifitas tugas hariannya di sekolah.


 

Article Details

Section
Articles

References

Hadiyati, H., Fatkhurahman, F., & Suroto, B. (2017). Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik Di SMP N 3 Kampar Kiri Tengah. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1, Des), 122-128.
Kependidikan, D. T., & Supervisi, D. P. P. P. M. (2010) Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta

Riana Afifah, 2012, 4 Masalah Utama Guru yang Tak Kunjung Selesai", https://edukasi.kompas.com/read/2012/11/26/1337430/4.Masalah.Utama.Guru.yang.Tak.Kunjung.Selesai.
Setiyati, S. (2014). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200-206.

Rifaldi, M. A. (2014). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kepuasan Kerja Guru di SMK ADB Invest Se-Kota Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4).

Suprihatmi, S. W., & Sulistyaningsih, S. (2012). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Guru. Manajemen Sumber Daya Manusia, 1(1).

Windayana, H. (2016). Penelitian Tindakan Sekolah. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1).

Yodiq, M. (2016). Peran Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Islam Samarinda. e-Jurnal Ilmu Komunikasi, 4, 24-34.

Zulkifli, M., Darmawan, A., & Sutrisno, E. (2014). Motivasi Kerja, Sertifikasi, Kesejahteraan dan Kinerja Guru. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02).