Penerapan Metode Diskusi Informasi dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Pewarisan Sifat

Main Article Content

Mariyam Mariyam

Abstract

Hasil belajar menjadi target yang harus dicapai oleh peserta didik, dalam hal ini guru sebagai pihak yang memberikan pelajaran memiliki tanggung jawab untuk memastikan peserta didik mendapatkan hasil belajar yang baik. Pada pelajaran ilmu pengetahuan alam, di SMP Negeri 4 Siak Hulu dalam belajar topik pewarisan sifat masih mengalami kesulitan memahami konsep yang diajarkan. Selama ini sudah diterapkan metode ceramah namun hasilnya juga masih belum optimal. Apakah dengan penerapan metode diskusi informasi dapat meningkatkan pemahaman siswa tersebut. Melalui metode penelitian tindakan kelas dilakukan dengan langkah siklus satu hingga siklus tiga dan dianalisis secara deskriptif kepada siswa kelas IX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan pemahaman yang nyata dalam hal peningkatan kemampuan memahami pewarisan sifat pada mahluk hidup melalui penerapan metode diskusi informasi. Guru memberikan informasi dalam sebuah diskusi terarah yang diberikan kepada siswa dengan tanya jawab kepada siswa secara aktif.


 

Article Details

Section
Articles

References

Astuti, H., Martini, K. S., & Yamtinah, S. (2013). Efektivitas Penggunaan Media TTS dan Kartu Soal di dalam Metode Diskusi pada Materi Koloid Kelas XI Semester Genap SMA N Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(1).

Hadiyati, H., Fatkhurahman, F., & Suroto, B. (2017). PELATIHAN MANAJEMEN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI TENAGA PENDIDIK DI SMP N 3 KAMPAR KIRI TENGAH. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1, Des), 122-128.

Rahman, T. (2010). Metode Pembelajaran Sains.

Ulfah, M. (2012). Optimalisasi Hasil Belajar IPA tentang Sistem Gerak pada Manusia melalui Metode Diskusi dengan Tehnik Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Pendidikan Tindakan Kelas, 3(1).

Wibawa, B. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Widayati, A. (2004). Metode Mengajar Sebagai Strategi Dalam Mencapai Tujuan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 3(1).