Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Kemampuan Menemukan Persamaan Linier pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Siak

Main Article Content

Supriyanto Supriyanto

Abstract

Siswa sebagai sasaran keberhasilan pembelajaran membutuhkan caapian dalam pembelajaran. Pada mata pelajaran matematika kompetensi dasar persamaan dan pertidaksamaan khususnya pada persamaan linier, siswa diharapkan mampu menemukan persamaan linier dalam sebuah persoalan untuk dapat dipecahkan permasalahanya. Melalui penerapan metode diskusi diharapkan siswa dapat menemukan persamaan linier yang dimaksud. Metode penelitian tindakan kelas digunakan dalam artikel ini dengan menerapkannya pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Siak Hulu pada Tahun 2017. Data dikumpulkan menggunakan tes dan wawancara dan data dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode diskusi, dimana siswa bertanya kepada guru dari apa yang telah dijelaskan guru, kemudian guru memberikan penjelasan tentang apa yang ditanyakan siswa dan hal ini pada gilirannya akan berdampak kepada peningkatan kemampuan siswa dala  menemukan persamaan linier pada mata pelajaran matematika dan nantinya akan dicarikan model solusi pemecahan masalahnya.


 

Article Details

Section
Articles

References

Afifah, F. S. (2009). Eksperimentasi pembelajaran matematika dengan pendekatan struktural “think-pair-share” pada sub pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar dan persamaan linier satu variabel.

Hadiyati, H., Fatkhurahman, F., & Suroto, B. (2017). PELATIHAN MANAJEMEN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI TENAGA PENDIDIK DI SMP N 3 KAMPAR KIRI TENGAH. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1, Des), 122-128.

Murwani, E. D. (2006). Peran guru dalam membangun kesadaran kritis siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 6(5), 59-68.

Qur’ani, Z. M. W. (2015). Analisis kemampuan berpikir aljabar siswa pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier (doctoral dissertation, uin sunan ampel surabaya).

Rahman, T. (2010). Metode Pembelajaran Sains.

Setiawan, U. (2009). Penerapan metode pembelajaran eksperimen dengan kartu variabel untuk meningkatkan pemahaman konsep sistem persamaan linier satu variabel pada peserta didik semester I kelas VII C MTs NU Nurul Huda Semarang tahun pelajaran 2009-2010 (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo).

Wardani, K. (2010, November). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. In Proceeding of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI &UPSI (pp. 8-10).

Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1).