Meningkatkan Kemampuan Guru Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal melalui Workshop di SD Negeri 009 Sialang Kubang

Main Article Content

Y Sudiyono

Abstract

Guru sekolah dasar menjadi bagian penting dalam rangka meningkatkan pencapaian usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru berperan aktif dalam memberikan materi pelajaran, namun guru juga dituntut untuk mampu memahami kondisi nyata dari peserta didik khususnya dalam hal menetapkan kriteria ketuntasan minimal. Usaha yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan guru tersebut tidak terlepas dari kebijakan yang diambil kepala sekolah untuk mengikutsertakan guru dan memfasilitasi guru dalam berbagai kegiatan. Pada penelitian ini, kepala sekolah membuat kebijakan dengan mengadakan kegiatan Workshop yang diberikan kepada guru sekolah dasar khususnya SD Negeri 009 Sialang Kubang. Pertanyaan penelitian yang diajukan apakah dengan diberikannya workshop tentang penetapan kriteria ketuntasan minimal mampu meningkatkan kemampuan guru dalam pengetahuan menetapkan kriteria minimal tersebut. Melalui metode penelitian tindakan sekolah dengan survey yang dilakukan kepada guru peserta pada workshop sebanyak 12 orang dan data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner dan juga dianalisa dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa setelah dilakukannya workshop penilaian dilakukan kepada guru peserta dengan membandingkan sebelumnya mengikuti workshop, maka diperoleh informasi bahwa terjadi peningkatkan kemampuan guru sebesar 23% guru dalam menetapkan kriteria ketuntasan minimal. Hal ini membuktikan bahwa pelaksanaan workshop yang diberikan kepada guru mampu meningkatkan kemampuannya dalam menetapkan kriteria ketuntasan minimal di sekolah.

Article Details

Section
Articles

References

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11-21.

Kependidikan, D. T., & Supervisi, D. P. P. P. M. Penelitian tindakan sekolah.

Mas, S. R. (2008). Profesionalitas Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2).

Sa’ud, U. S. (2000). Standarisasi Lulusan dan Program Pendidikan Pra-Jabatan Guru Profesional Sebuah Harapan.

Sadtyadi, H., & Kartowagiran, B. (2014). Pengembangan instrumen penilaian kinerja guru sekolah dasar berbasis tugas pokok dan fungsi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 290-304.

Wahyuni, S., Areva, D., & Dahen, L. D. (2014). Proses Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (Kkm) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di Sma Se-Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Jurnal Ipteks Terapan, 8(3), 105-111.