Pengaruh Pengetahuan Paragraf Terhadap Keterampilan Menulis Deskriptif Siswa Kelas X SMK Keuangan Pekanbaru Riau

Main Article Content

Liga Febrina

Abstract

Bahasa tertulis adalah sarana yang efektif untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan sesama manusia. Kemampuan seseorang dalam menulis membutuhkan waktu dan pikiran, kemudian menuangkan pemikiran ke dalam tulisan dengan menciptakan kerangka kerja menulis, mengembangkan kerangka kerja penulisan, menggunakan diksi yang benar (pilihan kata), dan membaca ulang yang tertulis dan memperbaikinya jika tulisan belum dianggap sempurna. Sebelum menguasai keterampilan menulis, siswa biasanya memahami dan menguasai keterampilan membaca. Kegiatan membaca tidak diposisikan sebagai keharusan, apalagi menjadikan membaca sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Membaca menempati aktivitas sampingan dan menjadi aktivitas mewah di kalangan siswa. Ini diperkirakan karena perkembangan teknologi yang cepat seperti internet dan telepon seluler. Berdasarkan pengamatan awal dan wawancara informal dengan salah satu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X dari SMK Finance Riau pada 25 Februari 2018, peneliti memperoleh informasi tentang beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan menulis siswa. (1) siswa lebih suka berkumpul dengan teman-teman mereka daripada menulis sehingga keterampilan menulis berkurang, (2) fasilitas terbatas, seperti kurangnya ketersediaan buku dan majalah, (3) kurangnya pengetahuan siswa dalam penguasaan paragraf, sedangkan pengetahuan paragraf merupakan aspek yang harus dimiliki siswa agar terampil dalam menulis, (4) Dalam keterampilan menulis, siswa masih mengalami kesulitan dalam mendeskripsikan gagasan dan gagasan dalam menulis dan (5) Materi pembelajaran dalam bentuk penulisan deskriptif harus dilatih ulang. kepada siswa sehingga mereka lebih memahami keterampilan menulis deskriptif. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis di bawah Kriteria Kelengkapan Minimum (KKM) yaitu 75. Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pengetahuan paragraf, semakin tinggi keterampilan menulis deskriptif. Sebaliknya, semakin rendah pengetahuan paragraf, semakin rendah keterampilan menulis deskriptif. Jadi, jelas bahwa ada hubungan positif antara pengetahuan paragraf dan keterampilan menulis deskriptif. Kenyataan di lapangan juga menunjukkan bahwa siswa memiliki waktu khusus untuk membaca dan tempat yang strategis yang jauh dari keramaian meskipun buku-buku yang tersedia di perpustakaan tidak lengkap. Namun, tidak semua siswa yang dapat menggunakan waktu luang ini untuk membaca, ada juga yang melakukan kegiatan lain. Semua itu dapat dilihat dari hasil penghitungan tingkat pemahaman responden terhadap variabel pengetahuan paragraf dengan kategori lebih dari cukup (70%).

Article Details

Section
Articles

References

Akhdiah, S dkk. 2008. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alwi, Hasan, (ed). 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: PN. Balai Paramita.

Anwar, Rosihan. 2008. Bahasa Jurnalistik dan Komposisi. Jakarta: Pradnya Paramita.

Atmazaki. 2010. Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting. Padang: Citra Budaya Indonesia.

Deni Wasito. 2012. “Kontribusi Minat Baca dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis karangan deskriptif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pekanbaru”. (Tesis). Pekanbaru: PPs UNP

Gani, Erizal. 2009. "Pembinaan Keterampilan Menulis di Perguruan Tinggi". (Buku Ajar). Padang: DIP Proyek Universitas Negeri Padang.

Keraf, Gorys. 2002. Komposisi. Jakarta: Ende, Flores.

Lassa, Jonathan. 2007. Menuju Kampus Sebagai Basis Masyarakat Membaca. Nusa Tenggara Timur: IITS.
Nadeak, Wilson. 2005. “Membaca, Menulis dan Tradisi”. Kompas, 10 April.
Suroto, B., Novita, N., Pailis, E. A., Waldelmi, I., & Fatkhurahman, F. (2017). Metode Penelitian Tindakan Solusi Bagi Masalah Sosial. Jurnal Diklat Review, 1(1), 25-28.
Neni Fadilla. 2011. “Kontribusi Pendekatan Inquiry dan Authentic Assessment terhadap keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Pekanbaru.” (Tesis). Padang: PPs UNP