Pelatihan Financial Report Perusahaan Dagang Menggunakan Software MYOB Accounting pada SMK Hang Nadim Batam

Main Article Content

Argo Putra Prima
Rio Rahmat Yusran

Abstract

Salah satu penggunaan teknologi di bidang pendidikan adalah penggunaan perangkat lunak pembelajaran. Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2010 membutuhkan program keuangan dengan menggunakan perangkat lunak pikiran bisnis Anda sendiri di sekolah khusus untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan dalam dunia pendidikan adalah MYOB Accounting. Menanggapi hal ini, banyak yang memasukkan perangkat lunak MYOB ke dalam kurikulum pembelajaran mereka. Layanan ini dilakukan di SMK Hang Nadim Batam pada siswa dengan kesalahan akuntansi. Metode yang digunakan dalam layanan ini adalah metode ceramah, metode praktik, memberikan pelatihan dalam bentuk contoh atau pertanyaan, menunda tanggung jawab. Siswa diharuskan untuk menggunakan MYOB Accounting dalam menyajikan laporan keuangan perusahaan. Pelatihan ini menghasilkan siswa yang dapat membuat laporan keuangan mulai dari input untuk membuat laporan keuangan. Perusahaan yang dibahas adalah perusahaan dagang. sehingga siswa dapat melakukan transaksi penjualan, pembelian, inventaris dan pengeluaran.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Argo Putra Prima, Universitas Putera Batam

Dosen Prodi AKuntansi

References

Kuntoro,Agus. 2008.Aplikasi Dasar-dasar Komputer Akuntansi Menggunakan MYOB Accounting. Yogyakarta: Andi.
Nurusama dan Mutiara. 2016. Pengabdian Masyarakat Politeknik Palcomtech Dalam Bentuk Pelatihan MYOB Kepada Siswa SMEA Pembina 1. LPPM Politeknik Palcomtech: Palembang.
Suryani, 2014. Komputer Akuntansi MYOB SMK Kompetensi Mengoperasikan aplikasi Komputer Akuntansi MYOB versi 18. Salemba Empat: Jakarta.
Rudianto.2012.Pengantar Akuntansi. Erlangga : Jakarta.
Wulan, Dian sari dan Paidi,2016. Laporan Keuangan Mengunakan MYOB versi 19.6. Salemba Empat.
www.apipudin.staff.gunadarma.ac.id