Sosialisasi Etika Bermedia Sosial Untuk Menyikapi Berita Hoax Di SMA Muhamadiyah 4 Purbalingga

Main Article Content

Retno Waluyo

Abstract

Teknologi digital menghadirkan ruang komunikasi dan media informasi yang tidak lagi terbatas oleh waktu dan jarak. Media sosial yang memungkinkan siapa saja untuk berpendapat. Hoax menjadi perbincangan hangat di media massa maupun media sosial belakangan ini karena dianggap meresahkan publik. Penggunaan smartphone dikalangan pelajar SMA/SMK sudah tidak dapat terhindarkan lagi dan terus meningkat, setiap waktu dapat menggunakan smartphone untuk membuka media sosial sehingga mendapatkan informasi dengan mudah. Pengetahuan siswa maupun Guru di SMA Muhamadiyah 4 Purbalingga terkait etika bermedia sosial internet masih terbatas sehingga tidak memberikan pengetahuan mengenai etika bermedia sosial. Upaya untuk mensosialisasikan etika bermedia sosial agar bisa membentengi Siswa-siswi SMA Muhamadiyah 4 Purbalingga dari berita Hoak yang beredar di internet/media sosial dan diharapkan dapat memutus berita hoax tersebar dan juga memberikan pemahaman agar para siswa tidak mudah percaya dengan berita yang ada di media sosial. Setelah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Etika Bermedia Sosial Untuk Menyikapi Berita Hoax Siswa  mengetahui etika menggunakan media sosial untuk menyikapi berita Hoax.

Article Details

Section
Articles

References

Antaranews.com.http://www.antaranews.com/berita/605171/apa-itu-hoax.

Ayobandung.com.http://ayobandung.com/read/20161124/63/13318/kemenkominfo-media-sosial-berpotensi-picu-konflik.

Cnnindonesia.com.https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20161024161722-185-167570/pengguna-internet-di-indonesia-didominasi-anak-muda/.

Fatkhurahman, F. (2018). Kemampuan Mahasiswa Tempatan Menilai Berita Palsu Atau “Hoax” Dalam Media Sosial Dalam Upaya Pengembangan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 417-426.

Hadiyati, H., Fatkhurahman, F., & Suroto, B. (2018). Evaluasi Pelatihan Menilai Berita Palsu atau “Hoax” Pada Kelompok Arisan Dosen Perempuan. Jurnal Diklat Review, 2(2), 106-112.

Lynda Walsh. (2007), Sins Against Science: The Scientific Media Hoaxes of Poe, Twain, and Others, State University of New York Press.

Merdeka.com,2013,https://www.merdeka.com/teknologi/data-terkini-pengguna-facebook-di-indonesia.html.

Nugroho, S. E. (2017). Upaya masyarakat anti fitnah indonesia mengembalikan jatidiri bangsa dengan gerakan anti hoax. Prosiding konferensi nasional peneliti muda psikologi indonesia, 2(1), 1-4.

Rahadi, Dedi Rianto. (2017). Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial. Jurnal manajemen . vol .5. No. 1.