Meningkatkan Kemampuan Menjelaskan Potensi Indonesia Menjadi Negara Maju Melalui Metode Menjodohkan Pada Siswa SMP Negeri 1 Siak Hulu

Main Article Content

Asnety Asnety

Abstract

Pelajaran IPS khususnya dalam membahas berbagai kondisi masa depan Indonesia, dimana bangsa ini sedang mmebangun dan apabila dilihat dari pelajaran yang diberikan diharapkan siswa mampu untuk memberikan penjelasan yang sebelumnya mampu memahami kondisi Indonesia dan dari pengamatan awal masalah yang muncul adalah logika dan pemahaman siswa terhadap kondisi demikian masih rendah. Permasalahan ini kiranya dapat dijawab dengan menerapkan metode belajar menjodohkan. Melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Siak Hulu dan data dianalisis dengan menggunakan teknik kualitatif diperoleh Hasil penelitian bahwa penerapan metode menjodohkan mampu meningkatkan kemampuan menjelaskan siswa tentang potensi Indonesia menjadi Negara maju. Perubahan sikap dan perilaku siswa juga semakin baik dan menjadikan siswa lebih bersemangat dalam belajar.


 

Article Details

Section
Articles

References

Ajis (2012) Implementasi Model Cooperative Learning Teknik Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas VIII A SMP N 1 Wedi, Klaten. S1 Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Anwar Kurnia, 2013, IPS Terpadu SMP Kelas VII, Yudistira, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Indah Wati, 2013, Item Tes Menjodohkan

Muhammad Karwapi, 2012, Kaidah Penulisan Soal Bentuk Menjodohkan dan Bentuk Benar – Salah (B-S) yang Sah dan Valid

Muh. Ali Nasution, 2004, Alternatif strategi pembelajaran pengetahuan sosial

Suroto, B., Novita, N., Pailis, E. A., Waldelmi, I., & Fatkhurahman, F. (2017). Metode Penelitian Tindakan Solusi Bagi Masalah Sosial. Jurnal Diklat Review, 1(1), 25-28.