Penerapan Metode Tebak Kata Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Peranan Indonesia Dalam Era Globalisasi di SD Negeri 025 Indra Puri

Main Article Content

Supingi Supingi

Abstract

Pelajaran kepada murid sekolah dasar lebih ditekankan bagaimana memberikan pengetahuan tentang semua hal. Pengetahuan ini lebih diarahkan kepada mereka untuk mengenal bagaimana kondisi nyatanya. Pelajaran pendidikan kewarganegaraan menjadikan dasar bagi murid SD untuk mengenal bangsa Indonesia dan sebagaimana warganegara dan juga berkaitan dengan peranan bangsa Indonesia di kancah globalisasi. Melalui penelitian tindakan kelas, akan menerapkan metode tebak kata untuk menambah peningkatan pengetahuan beserta dengan pemahamannya dalam melihat materi pelajaran peranan Indonesia di era globalisasi. Kepada siswa SD Negeri 025 khususnya kelas VI diterapkan metode ini dan data yang terkumpul melalui observasi dan kuesioner dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode tebak kata yang diterapkan kepada murid SD kelas VI mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya tentang peranan bangsa Indonesia di era globalisasi.

Article Details

Section
Articles

References

Aqib, Zainal. (2007). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Edi Purnomo, 2013, Model Pembelajaran Tebak Kata, etc, Jakarta.

Moh. Uzer Usman. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja. Rosdakarya.

Suroto, B., Novita, N., Pailis, E. A., Waldelmi, I., & Fatkhurahman, F. (2017). Metode Penelitian Tindakan Solusi Bagi Masalah Sosial. Jurnal Diklat Review, 1(1), 25-28.

Wahyun, T., Marli, S., & Sabri, T. (2014). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Kooperatif Teknik Tebak Kata di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(11).