Peningkatan Keterampilan Penggunaan Aplikasi Myob Accounting Bagi Siswa SMK Yabri Simpang Tiga Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Main Article Content

Indarti Indarti

Abstract

Kegiatan layanan dilakukan di sekitar sekolah kejuruan kota yabri (SMK) di Pekanbaru. Peserta terdiri dari siswa sekolah menengah kejuruan yabri (SMK) yang masih belum mengerti cara menggunakan perangkat lunak akuntansi untuk akuntansi atau akuntansi keuangan. Akuntansi Myob adalah salah satu cara untuk memudahkan penyajian laporan keuangan. Pengabdian diharapkan dapat meningkatkan penyajian laporan keuangan yang lebih cepat, tepat dan akurat, dan untuk memudahkan penyajian keuangan sesuai dengan waktu dan ketentuan yang diperkenalkan oleh Sekolah Menengah Kejuruan Yabri Pekanbaru. Melalui peningkatan penggunaan perangkat lunak akuntansi Myob dalam meningkatkan kapasitas penyajian laporan keuangan, diharapkan siswa termotivasi untuk belajar dan memahami penggunaan perangkat akuntansi Myob untuk mendukung siswa saat bekerja nanti, tidak mulai mencari bantuan, dapat membuat perangkat lunak akuntansi dalam bisnis mereka. Salah satu metode penerapan layanan ini adalah melalui sosialisasi cara menyediakan sesuai dengan standar akuntansi sesuai dengan standar yang berlaku dengan menggunakan akuntansi softwae myob untuk siswa sekolah menengah kejuruan. Hasil dari layanan ini adalah pengetahuan dan pemahaman peserta tentang perangkat lunak akuntansi myob tentang evaluasi melalui tes jawaban yang naik secara signifikan di mana 90% sudah tahu akuntansi myob dan dia tahu manfaatnya, sebelumnya hanya 30% tahu akuntansi myob dan 40% mencari manfaat dari myob akuntansi. Bagaimana dengan sosialisasi melalui simulasi adalah salah satu contoh optimisme peserta perusahaan. Kami datang untuk membantu menggunakan perangkat lunak aplikasi akuntansi myob di mana 90% mengatakan bahwa mereka dapat menggunakan perangkat lunak aplikasi akuntansi myob.

Article Details

Section
Articles

References

Ali Imran. 2009. 17 Jurus Mempelajari MYOB Accounting , Edisi Kesatu. Yogyakarta: Penerbit Andi
Hendra Wijaya, 2015. Excel Akuntansi, Jakarta : Penerbit PT Elex Media Komputindo
Reeve. 2005. “Accounting : Pengantar Akuntansi”. Buku satu. Edisi dua puluh satu. Jakarta; Salemba Empat

Soemarso S. R. 2004. “Akuntansi Suatu Pengantar”. Buku satu. Edisi lima. Jakata: Salemba Empat

Tanjung, Yulia, Haryani.2009. Analisis Penerapan PSAK No.1 Tentang Penyajian Laporan Keuangan Pada PT.PLN (Persero) Area Padang. Jurnal Ekonomi dan kewirausahaan.

Yenti,Hidayah.2010. Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi bagi kelompok tani wanita “Panen Raya” di Kanagarian Tarok Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Artikel Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Modul :

Inova Fitri Siregar, 2014. Modul MYOB Accounting, Edisi Kesatu, Pekanbaru ; Penerbit Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UIN SUSKA Riau.