Evaluasi Pelaksanaan Pasca Diklat Pemantapan Pengurus Koperasi di Propinsi Riau

Main Article Content

Ahmad Fauzi

Abstract

Koperasi menjadi soko guru perekonomian bangsa, hal ini menjadikan perhatian pemerintah terhadap usaha menumbuhkembangkan koperasi sangat besar. Perkembangan koperasi tidak terlepas dari peran serta pengurus, yang mana kepengurusan koperasi menjadi bagian yang penting. Melalui diklat pemantapan pengurus koperasi dalam mengelola koperasi yang dilaksanakan oleh Badan pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Rau diharapkan dapat mencapai usaha pengembangan koperasi masa depan. Melalui jenis penelitian kualitatif dengan narasumber pengurus koperasi yang mendapatkan pelatihan dan juga anggota koperasi di Propinsi Riau dan data diambil dengan menggunakan wawancara serta dianalisis secara kualitatif, maka diperoleh hasil penelitian bahwa setelah dilakukannya pendidikan dan pelatihan pemantapan pengurus koperasi yakni dalam masa satu tahun berjalan belum optimal perubahan yang diharapkan terhadap kepengurusan koperasi itu sendiri. Hal ini disebabkan antara lain: faktor kesungguhan peserta pelatihan dalam mengikuti pelatihan, juga faktor narasumber yang kurang berpengalaman dalam mengusur koperasi dan juga faktor pengurus koperasi yang ikut pelatihan bukan pengambil kebijakan. Perlu upaya evaluasi pasca pelatihan yang diberikan kepada peserta pelatihan sehingga hasil pelatihan dapat dijamin keberhasilannya di masa depan

Article Details

Section
Articles

References

Apizal, A. 1998. Keefektifan Pelatihan Manajemen Koperasi bagu Manajer KUD di Kabupaten Kerinci. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 1(1).

Badhowi, I. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pengalaman Kerja Peserta Terhadap Ketercapaian Tujuan Pelatihan Rk/Rapb Koperasi. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(1), 47-54.

Hadipermana, O. (2009). Model Kewirausahaan Koperasi dan Implikasinya terhadap Program Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2).

Setiawan, W. H. (2013). Ketatalaksanaan dan Strategi Pendidikan dan Latihan Dasar-dasar Perkoperasian di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Jawa Timur. SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.