Pengembangan Usaha Rumah Tangga Melalui Pembuatan Ikan Sarden Sehat Dan Ekonomis Di Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru

Main Article Content

Lili Erti
Murnawati Murnawati
Tasril Tasril

Abstract

Ibu-ibu Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya pada umumnya masih memiliki sangat banyak waktu luang setelah mereka selesai mengerjakan pekerjaan rutin rumah tangga. Keterampilan yang mereka miliki untuk mengkreatifitaskan sebuah bahan pangan sangatlah minim karena pengetahuan yang mereka miliki sangatlah sedikit. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu kegiatan tri dharma perguruan tinggi, maka diharapkan dapat memberikan solusi untuk membantu memberikan ilmu kepada masyarakat khususnya ibu-ibu Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya.


Salah satu upaya untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan ibu-ibu tersebut adalah dengan melaluipembuatan ikan sarden sehat dan ekonomis. Kehadiran pembuatan ikan sarden sehat dan ekonomis yang tradional dan sehat mampu memberi solusi sebagai usaha rumah tangga sehingga dapat memberikan peluang potensial apalagi jika dapat dikembangkan. Salah satu yang potensial adalah melalui pembuatan ikan sarden sehat dan ekonomis .ikan sarden inidisukai oleh anak anak maupun orang dewasa  yang rasanyaenak dan sehat.namun tekstur ikan sardennya sangat lembut dan enak karenadalam adonannya mengandung tomat segar dan bawang merah dan bawang putih.


Cara membuat ikan sarden tentu saja sangat mudah dan praktis. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga terjangkau dimana-dimana dengan harga yang cukup ekonomis. Jadi siapa saja dapat membuat ikan sarden ini sangat ekonomis dan sangat praktis, bahkan bagi pemula sekali pun. Enak dan lembutnya ikan sarden ini membuat banyak orang suka dan merupakan lauk yang favorit.Dalam kegiatan pengabdian ini diharapkan pengetahuan masyarakat meningkat dengan kriteria “baik” minimal 75%Sebagai kriterianya adalah minimal 75% dari peserta memiliki pengetahuan yang “baik” mengenai kegiatan ini.Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan metode penyampaian pengetahuan melalui penyuluhan dan praktek melalui pembuatan ikan sarden sehat dan ekonomis.


 


Kata Kunci : Ikan sarden sehat dan ekonomis, Wirausaha

Article Details

Section
Articles

References

Busono, T, 2014, Konsep Dasar Kewirausahaan dan Wirausaha, http://silabus.upi.edu/Direktori/FPTK/Teknik_Arsitektur_Perumahan_(D3)/WIRAUSAHA%20MATERI%20terbaru.doc. Diakses pada tanggal 4 September 2015
Herjanto Eddy.(1999). Manajemen Produksi dan operasi. Edisi Kedua. Penerbit PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.
Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran. Diterjemahkan oleh Hendra Teguh dari Buku Marketing Management 9th Ed. Jakarta: Prenhallindo
Susanto,T dan B. Saneto. Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian. Surabaya, Indonesia. Winano, F.G., 1993. Pangan, Gizi, Teknologi dan Konsumen. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sudarto, Y. 2000. Budidaya Waluh. Kanisius, Yogyakarta