Pengelolaan Usaha Dan Pemberdayaan Kelompok Pemuda Tani Cendawan House Desa Makmur Rumbai Pesisir

Main Article Content

Rita Wiyati
Sri Maryanti
Muhammad Thamrin

Abstract

Kelompok pemuda tani cendawan house adalah kelompok usaha yang anggota nya kelompok pemuda dan mahasiswa univeritas lancang kuning, saat tim PKM survey kelapangan , kelompok mitra   masih merasa kesullitan dalam pengelolaan  pembukuan serta usaha dalam pemasarannya, karena dalam wawancara pada waktu survey pemasarannya masihlah sangat belum kekinian yang artinya produk budidaya jamur putih ini dikenal hanya sebatas oleh kalangan terbatas dan belum secara meluas mata rantai dalam memasarkan produknya. Tujuan dari diadakannya pengabdian kepada  masyarakat ini adalah diharapkan mitra dapat mengelola pembukuan dengan lebih baik dan produk yang dihasilkan oleh kelompok  pemuda tani cendawan house mampu bersaing dipasaran terutama dikota Pekanbaru. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengadakan pelatihan, penyuluhan tentang pentingnya mengelola  usaha oleh kelompok mitra dan mampu memasarkan produknya lebih luas , jika perlu sampe keluar kota Pekanbaru dengan aplikasi media digital.  Hasil Pengabdian masyarakat antara lain : adanya peningkatan pemahaman para peserta anggota kelompok pemuda tani desa Makmur, hal ini terlihat dari hasil rekapan kuisioner yang awalnya anggota belum memahami stelah mengikuti kegiatan PKM sudah mulai memahami  tentang manajemen usaha, cashflow, pembukuan sederhana, laporan laba rugi secara sederhana serta cara pemasaran yang efektif.

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah Abiding, SE, 2013 ,Jurnal Koperasi dan UMKM, Universitas Hasanuddin, www.bimakab.go.id
Asep Saefullah, 2011, Kewirausahaan, Penerbit andi Yogyakarta
Dede Nasrullah dkk, (2017), Pendampingan E-Commerce dan Pendidikan diCerme Kecamatan Ngimbang Lamongan, Aksiologiya, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 1. No.1
H. Masngudi, buku ajar Kewirausahaan, 2000, Fakultas Ekonomi Universitas Borobudur, Jakarta
Jatmika dkk, (2015), Pelatihan Ketrampilan Masyarakat Balaraja dalam Bidang Pengelolaan Pemasaran, Jurnal Abdimas Volume 2 Nomor 1.
Kasmir, 2006, kewirausahaan, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada Jakarta
KementerianKUKM & BPS, (2004), Pengkajian Dukungan Finansial dan Non Finansial dalam Pengembangan Sentra Bisnis Usaha Kecil dan Menengah, Jakarta: Kementrian KUKM and BPS.
Khairunnisa Harahap dkk, (2017), Insinasi Pemasaran Daring Dikelompok Usaha Melur Di Desa Sambirejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 23 No1.
Premi Wahyu Wahyuningrum dkk, Workshop Internet Dan Digital Marketing Untuk meningkatkan Daya saing Pada Kelompok Pengusaha Muda Ponorogo, Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDIMAS
S.Munawir, 1990, “Analisa Laporan Keuangan”, Liberty, Yogyakarta