Membina Kerelasian Nasabah Bank BPR Di Kota Pekanbaru

Main Article Content

Arman Arman

Abstract

Kota Pekanbaru merupakan salah satu kota yang berkembang, dimana saat ini perkembangan perbankan juga sangat pesat. Salah satunya adalah bank BPR. Persaingan antara bank konvensional ditambah dengan bank syariah sangat membuat bank BPR menjadi terus melakukan perbaikan. Khususnya dalam rangka menjaga nasabahnya. Usaha menjaga nasabah ini salah satunya adalah dengan membina kerelasian dengan mereka. Melalui pendekatan deskriptif dan survey kepada 50 orang nasabah BPR di Kota Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPR di Kota Pekanbaru, sangat bervariatif, dimana katagorinya dari kerelasian pemsaran jasa tidak baik menuju sangat baik. Oleh karena itu masih perlu adanya upaya peningkatan kerelasian pemasaran yang lebih baik lagi dan lebih merata. Upaya yang dapat dilakukan dalam membina kerelasian pemasaran produk BPR dengan cara menyediakan sarana untuk menampung saran nasabah, kemudian berdiskusi dengan nasabah, juga memberikan penjelasan proses kerja dan prosedur pada BPR, serta upaya  membangun hubungan yang lebih dekat dengan nasabah yakni melalui penyediaan sistem informasi online. Kemudian dari sisi petugas BPR dalam membangun hubungan dengan pelanggan maka perlu meningkatkan rasa tanggung jawab, mengatasi masalah nasabah secara tuntas dengan cara memberikan pelatihan kepada petugas.




Article Details

Section
Articles

References

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Chan, Syafruddin. 2003. Relationship Marketing: Inovasi Pemasaran yang Membuat. Pelanggan Bertekuk Lutut, Cetakan Kedua, Penerbit Gramedia. Jakarta.

Ebert dan Griffin, 2009, Customer behavior, International Edition


Fandy Tjiptono, 2000, Manajemen Jasa, Penerbit Andi Yogyakarta


Gareth Jones and Mary Mathew, 2009, Organizational Theory, Design and Change, 5th Edition (Delhi : Dorling Kindersley, 2009)

Kisworo, 2013, BPR Harus Jadi “Penjaga Rumah” Ekonomi Nasional, Infobank, Jakarta.

Kotler and Keller, 2016, Marketing Management Edisi 12, Jilid 1, Global Edition.Pearson Prentice. Hall.

Kusmayadi, Tatang. 2007. Pengaruh Relationship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan. Skripsi. STIE STAN Indonesia Mandiri.

Lovelock. C, 2010, Pemasaran Jasa. Erlangga, Jakarta

Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

BPS, 2016, Riau dalam Angka, Pekanbaru.

Rhenald Kasali, 2007, Membidik Pasar Indonesia, STP. Jakarta : Gramedia.

Tandjung, J.W., 2004, Marketing Management: Pendekatan Pada Nilai-nila. Pelanggan, Edisi Kedua, Jakarta.

Tjiptono dan GregoriusChandra, 2005, Manajemen Kualitas Jasa,. Yogyakarta. ANDI.

, 2014, Pemasaran Jasa, Andi Offset, Yogyakarta.

Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 tentang perekonomian

Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 111, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5253)

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 20/POJK.03/2014 tentang Bank Perkreditan Rakyat

Permendagri No. 94 Tahun 2007, tentang Pengelolaan Bank Perkreditan Rakyat Milik Pemerintah Daerah.

Diana Angelica dan Ria Cahyani, 2012, Pemasaran Dasar-Dasar : Pendekatan Manajerial Global. Buku 2. Edisi 16. Salemba Empat. Jakarta.

Imron, Much. and Arianto, Dwi Agung Nugroho and Wibowo, Purwo Adi (2011) Analisis Pengaruh Orientasi Produk Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Museum. Semantik 2011. pp. 47-53. ISSN 979-26-0255-0

Isnadi, Didik (2005) Analisis Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Nilai Nasabah Dan Keunggulan Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus: Pada Bank BRI Kantor Cabang Pekalongan). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Parasuraman. 2001. The Behaviorial Consequenses of Service Quality, Jurnal of. Marketing. Vol 60.

Putra. Adi. (2009). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Kerelasian Nasabah. Jurnal Ekonomi Bisnis. 14(2). 151-160.

Tatang Suhidayat, (2014) pengaruh bauran pemasaran jasa dan kualitas pelayanan terhadap nilai pelanggan dan kepercayaan pelanggan implikasinya pada kepuasan pelanggan danloyalitas pelanggan (Survey pada Nasabah Bank Perkreditan Rakyat di Kota/ Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi)

Zeithaml et al, (1996), “Measuring the quality of relationship in customer service: An empirical study”, Journal of Marketing.