Peningkatan Nilai Jual Produk Makanan Olahan Ikan Sarden Di Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru

Main Article Content

Lili Erti
Murnawati Murnawati
Tasril Tasril

Abstract

Ibu-ibu Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya pada umumnya masih memiliki sangat banyak waktu luang setelah mereka selesai mengerjakan pekerjaan rutin rumah tangga. Keterampilan yang mereka miliki untuk mengkreatifitaskan sebuah bahan pangan sangatlah minim karena pengetahuan yang mereka miliki sangatlah sedikit. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu kegiatan tri dharma perguruan tinggi, maka diharapkan dapat memberikan solusi untuk membantu memberikan ilmu kepada masyarakat khususnya ibu-ibu Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya.


 


Salah satu upaya untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan ibu-ibu tersebut adalah dengan melalui peningkatan nilai jual produk makanan olahan  ikan sarden sehat dan ekonomis. Dengan bahan-bahan yang di butuhkan terjangkau dan harga yang  ekonomis.


 


Setelah proses pembuatan ikan sarden, langkah berikut untuk meningkatkan nilai  dari produk ini adalah melakukan pengemasan. Belum adanya pengemasan pada industri rumah tangga tersebut menyebabkan proses pemasaran produk tidak dapat dimaksimalkan. Target yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah  melalui peningkatan nilai jual produk makanan olahan ikan sarden sehat dan ekonomis serta peluang untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan yang bernilai ekonomis.

Article Details

Section
Articles

References

Busono, T, 2014, Konsep Dasar Kewirausahaan dan Wirausaha, http://silabus.upi.edu/Direktori/FPTK/Teknik_Arsitektur_Perumahan_(D3)/WIRAUSAHA%20MATERI%20terbaru.doc. Diakses pada tanggal 4 September 2015.

Herjanto Eddy.(1999). Manajemen Produksi dan operasi. Edisi Kedua. Penerbit PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran. Diterjemahkan oleh Hendra Teguh dari Buku Marketing Management 9th Ed. Jakarta: Prenhallindo.

Susanto,T dan B. Saneto. Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian. Surabaya, Indonesia. Winano, F.G., 1993. Pangan, Gizi, Teknologi dan Konsumen. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sudarto, Y. 2000. Budidaya Waluh. Kanisius, Yogyakarta.
Tjiptono, F. 1999. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset