IbM Penguatan Pemahaman Office Perkantoran Kepada Guru SD Negeri 59 Pekanbaru

Main Article Content

Roki Hardianto
Fana Wiza
Wirdah Choiriah

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan wujud nyata pengabdian tenaga pendidik (dosen) perguruan tinggi. SD Negeri 59 Pekanbaru adalah salah satu dari beberapa sekolah yang ada di Pekanbaru tenaga pengajar belum memahami dan menguasai penggunaan office perkantoran. Padahal dalam pekerjaannya sebagai guru tidak lepas dari penggunaan office perkantoran untuk laporan kepada sekolah, dinas pendidikan dan pihak terkait. Ketika diakhir semester saat pelaporan kegiatan para guru lebih memilih menyewa orang untuk penyelesaikan laporan. Seharusnya guru harus menyelesaikan tugasnya sendiri, berguna untuk menciptakan personalia yang cakap dalam suatu instansi. Kepala SD Negeri 59 Pekanbaru menyambut baik kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh universitas lancing kuning. Pelatihan dilaksanakan dengan metode seminar, praktek dan tanya jawab. Pelatihan difokuskan kepada penggunaan Microsoft word, excel dan powerpoint. Pelatihan diawali dengan pemaparan materi kemudian dilanjutkan dengan proses tanya jawab dan praktek langsung penggunaan Microsoft Office Perkantoran. Diakhir kegiatan dilaksanakan prosesi foto bersama sebagai media promosi dan luaran laporan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh pemateri/dosen dan promosi bagi SDN 59 Pekanbaru.

Article Details

Section
Articles

References

Ardita, A. A. (2013). Pemanfaatan E-Office Dalam Korespondensi Sebagai Perwujudan Paperless Office Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jawa Timur. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP).
Ikhwani, Y., Budiman, H., & Rasyidan, M. (2015). Pelatihan Aplikasi Microsoft Word 2013 Pada SMP H. A. Johansyah. A Banjarmasin. Jurnal Al-Ikhlas.
Is Eka Herawati, W. S. &. (2015). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran. Al-Ishlah.
Riyana, C. (2015). Peranan Teknologi dalam Pembelajaran. Pengembangan ICT Dalam Pembelajaran. https://doi.org/10.1016/j.revmed.2010.08.003
Salam, R., Akhyar, M., Tayeb, A. M., & Niswaty, R. (2017). Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Mahasiswa dalam Menunjang Daya Saing Perguruan Tinggi. Jurnal Office. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3463
Setya, O., & Puspasari, D. (2015). Penggunaan Aplikasi Google Drive Sebagai Penunjang. Ilmu Sosial