Optimalisasi Sumber Daya Manusia guna Meningkatkan Pendidikan Moral dan Pendapatan Warga Di Desa Nagasari

Main Article Content

Purwanti Purwanti

Abstract

Pengabdian masyarakat  telah dilaksanakan di Desa Nagasari, Kecamatan Serang baru, Kabupaten Bekasi selama kurang lebih 5 minggu sejak tanggal 20 Januari – 28 Februari 2019. Tujuan Pengabdian adalah untuk membantu  melatih, mengarahkan dan mengembangkan potensi dari Sumber Daya Manuasia dan juga Sumber daya alam yang ada di Desa agar dapat di gunakan seoptimal mungkin. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi observasi lingkungan di Desa Nagasari yang dijadikan sebagai bahan acuan dalam menyusun program kerja yaitu penyuluhan penyakit DBD dan penyuluhan tentang pentingnya UMKM dan kewirausahaan. Sedangkan hampir semua program lainnya adalah program fisik meliputi: pelatihan komputer, pelatihan membuat bross dan kerajinan tangan lainnya, membuat kripik dan peyek, membuat tempat sampah dan penunjuk jalan, filterisasi air bersih, fertival anak sholeh, kerja bakti, penanaman pohon, kesehatan gratis, dan santunan anak yatim. Pelaksanaan dapat dilakukan dengan baik dan dapat apresiasi yang baik dari warga dan pemerintah setempat .


Kata kunci : Optimalisasi Sumber Daya Manusia, Pendidikan Mora, Pendapatan Warga


 

Article Details

Section
Articles

References

Ade Sadikin Ahyadi. Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Pendidikan Indonesia PerkembanganKognisi Sosial, Kredibilitas dan Daya Tarik.

Amelia Perdana, Holilulloh, Yunisca Nurmalisa (2013) Pengaruh Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terhadap Keterampilan Sosial Mahasiswa Program Studi PPKN Universitas Lampung Tahun 2013.

Alma,Buchari. (2010). Kewirausahaan(edisi revisi). Bandung: CV Alfabeta. Aprilinaty,

Eka. 2012. Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, Dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK. Kalimantan Tengah. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 3,November

Euis Sunarti. (2006). Indikator Keluarga Sejahtera: Sejarah Pengembangan, Evaluasi dan Keberlanjutan. Bogor: Fakultas Ekologi Manusia (ITB)

Naning Margasari, M.Si, MBA Muniya Alteza, M.Si Musaroh, (2009) M.Si Pendampingan Dalam Pengemba ngan Media Pembelaja ran Sebagai Salah Satu Upaya Untuk Memperoleh Sertifikasi Bagi Guru-Guru SMK YPKK I Sleman Yogyakarta.2012

Rosni. 2012. Analisis Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Nelayan Di Desa Dahari Selebar Kecamatan

Talawi Kabupaten Batubara. Jurnal Geografi. e-ISSN: 2549– 7057 | p-ISSN:2085–8167

Selase Asamoah & Chovancova. (2012). Brand Management In The Fast Food Industry : A Cultural Perspective of The Branding Strategies of Firms, and The Behaviour of Consumers in The Czech Republic and Ghana. Tesis. Zlin: Tomas Bata University.