Pengaruh Kepemimpinan Trasformasional Dan Iklim Kerja Terhadap Kerjasama Tim Dan Dampaknya pada Kinerja Aparatur Sipil Negara (Studi Pada Peserta Diklat Pim IV Propinsi Riau Tahun 2019)

Main Article Content

Ahmad Fauzi

Abstract

Pimpinan eselon IV pada lembaga pemerintah memiliki tugas utama sebagai pengawas dan pelaksana kegiatan, ini juga menunjukkan peran penting sebagai supervisor untuk ujung tombak dalam memastikan program dan kegiatan berjalan sebagaimana yang direncanakan. Namun dalam pelaksanaanya tentunya banyak kendala yang dihadapi, kinerja aparatur sipil negara  level ini yang merupakan low manajemen selalu dihadapkan pada masalah teknis dan operasional. Kerjasama tim dalam mencapai kinerja menjadi bagian tantangan tersendiri, juga peran atasan serta iklim kerja menjadi bagian yang perlu mendapatkan perhatian serius. Pada penelitian ini penulis memfokuskan pada upaya meningkatkan kinerja aparatur sipil negara  eselon IV yang mendapatkan pelatihan pada BPSDM Propinsi Riau yang mendapatkan pelatihan pim tingkat IV melalui peran kerjasama tim dan juga atasan serta iklim kerja. Melalui metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan populasi peserta pim tingkat IV dan diambil sampel secara sensus sebanyak 40 orang dan data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner serta dianalisis secara kuantiatif dengan alat analisis SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kinerja aparatur sipil negara  level IV (supervisor) terbukti dipengaruhi kerjasama tim dan juga terbukti kerjasama tim baik secara parsial maupun secara simultan dipengaruhi oleh kepemimpinan transformasional dan iklim kerja. Dan juga dominasi variabel kepemimpinan transformasional lebih dominan dibandingkan dengan variabel iklim kerja. Kemudian juga kerjasama tim memberikan pengruh yang signifikan terhadap kinerja aparatur sipil negara.

Article Details

Section
Articles

References

Achmad Sanusi, 2009, Kepemimpinan Sekarang dan Masa Depan. Bandung. Prospect.

Agus Setiawan dan Abdul Muhith, 2013, Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Kemampuan Intelektual dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Dosen yang Berdampak Kepada Kinerja STIE Serta Implikasinya pada Peningkatan Kesejahteraan Dosen di Provinsi Sumatera Utara, Disertasi UNPAS, Bandung

Agus Soekarso, 2010, Teori Kepemimpinan. Mitra Wacana Media, Jakarta

Agustina Widiastuti, 2011, Hubungan Antara Kecerdasan Emosioal dan Komitmen Kerja Karyawa Departemet F&B Product Hotel Satika Premiere – Jakarta. Universitas Katolik Atmajaya: Tesis.

Asri Laksmi Riani, 2011, Budaya Organisasi. Cetakan Pertama, Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Bachtiar, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia. Iteraksa, Batam

Gregory Stone et.al, 2004, Gregory's Pediatric Anesthesia, Fifth Edition. West Sussex: Blackwell Publishing.

Irham Fahmi, 2012, “Manajemen Kepemimpinan, Teori dan Aplikasi”. Penerbit Albeta: Bandung.

Kartini Kartono, 2011, Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: PT. Rajawali grafindo Persada

Stephen Robbins dan Timothy Judge, 2015, Perilaku Organisasi, Salemba Empat, Jakarta.

Trihapsari dan Nashori, 2011, Kohesivitas Kelompok dan Komitmen Organisasi Pada Financial Advisor Asuransi „X‟ Yogyakarta. Jurnal Proyeksi Vol. 6 No.2. Yogyakarta: Unissula.

Veithzal Rivai dan Deddy Mulyadi, 2013, Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Wirawan, 2007, Budaya dan Iklim Organisasi: Teori, Aplikasi dan Penelitian. Penerbit Salemba Empat, Jakarta