Analisis Manajemen Waktu Aparatur Sipil Negara Di Beberapa Instansi Pemerintah Provinsi Riau

Main Article Content

Embung Megasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen waktu Aparatur Sipil Negara pada beberapa Instansi Pemerintah Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dengan menyebarkan kuisioner kepada seluruh responden yang berjumlah 34 orang. Kemudian analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang diproses dengan menggunakan persentase, data yang bersifat kualitatif akan digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Dari hasil analisis yang peneliti lakukan dapat dilihat bahwa manajemen waktu Aparatur Sipil Negara di Instansi Pemerintah Provinsi Riau tergolong pada kategori Baik, hal ini bisa dilihat dari tanggapan responden peneletian yang berjumlah 34 orang yang menyatakan “Sangat Baik” sebesar 63,9%, dalam menentukan tujuan dan perioritas sementara dalam perencanaan dan penjadwalan responden yang menyatakan “ Baik” sebesar 53,6%, kemudian kemampuan responden dalam mengendalikan waktu menyatakan “  Baik” sebesar 52,2%, dan yang terakhir  responden   menyatakan “ Baik” sebesar 54,4%, dalam preferensi untuk organisasi. Berdasarkan kriteria penilaian yang ditetapkan   bahwa Analisis Manajemen waktu  Aparatur Sipil Negara di beberapa Instansi Pemerintah Provinsi Riau tergolong Baik .

Article Details

Section
Articles

References

T. L. Gie, Strategi Hidup Sukses,( Yogyakarta: Liberty, 1996)
S.R. Covey, Tujuh Kebiasaan Manusia yang sangat efektif (terjemahan),(Jakarta:Binarupa Aksara, 1994)
https://irnkybk.wordpress.com/category/artikel/manajemen-waktu/. Irnk. Manajemen waktu.19 April 2016
Macan, T. H; Shahoni, C; Diboye, R. L & Philips, P.A. (1990). College Students’ Time management: Correlations With Academic Performance and Stress. Journal of Educational Psychology, 82(4), 760-768.
Claessens, B. (2004). Perceived control of time: Time management and personal effectiveness at work (Disertasi, Program PascasarjanaTechnische Universiteit Eindhoven, 2004).
Kartadinata, I., Tjundjing. (2008). I love you tomorrow: Manajemen Waktu dan Prokrastinasi akademik. Anima, Indonesian Psychological Journal, 23(2), 109-119, dari http://e-mail:goodmorninx@yahoo.com/ std@ubaya.ac.id.html
Britton, B.K. & Tesser, A. (1991). Effects of time management praticies on college grades. Journal of Educational Psychology, 83(3): 405-410.