Evaluasi Dampak Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV di BPSDM Provinsi Kalimantan Barat

Main Article Content

Zainuri Zainuri

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada Post Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan IV Tahun 2018 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Barat. Variabel penelitian ini adalah Dampak Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan IV Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Barat. Penelitian ini melakukan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan desain evaluatif. Populasi penelitian adalah seluruh alumni program yang diselenggarakan oleh BPSDM Provinsi Kalimantan Barat dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sebanyak 40 peserta. Sampel populasi diperoleh dengan teknik total sampling. Sebagai hasilnya, studi ini menemukan bahwa proyek peserta dalam program dianggap sangat baik bagi lembaga mereka sebagai penerima manfaat. Sebagian besar proyek yang dilaksanakan dalam tahap pendek berlanjut dalam tahap menengah dan panjang dengan mentor / pemimpin dan anggota tim sebagai faktor pendukung utama. Kendala utama untuk pencapaian tujuan proyek adalah rotasi pekerjaan pemimpin proyek selama implementasi dan kurangnya dukungan keuangan dan sumber daya lainnya. Studi ini juga menemukan peningkatan kinerja alumni dan lembaga sebagai hasil dari program ini

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Zainuri Zainuri, BPSDM Provinsi Kalimantan Barat

Widyaiswara Ahli Madya BPSDM Provinsi Kalimantan Barat

Jln. Gusti Johan Idrus No. 12 Pontianak Telp. +62(0561)732078 Website: bpsdm.kalbarprov.go.id

E-mail : zainuri.bpsdmkalbar@gmail.com

References

Anonim. (2015). Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia No. 20 tahun 2015 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklatpim Tingkat IV. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Astra, F., Mandey, J., & Londa, V. (2016). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Struktural Terhadap Kompetensi Kepemimpinan Aparatur Sipil Negara Studi Di Sekretariat Daerah Kota Bitung. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 3(400).
Fauzi, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Trasformasional Dan Iklim Kerja Terhadap Kerjasama Tim Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara (Studi Pada Peserta Diklat Pim IV Propinsi Riau Tahun 2019). Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 3(3), 243 - 255.
Ibrahim, I. (2018). Implementasi Kebijakan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Pola Baru Terhadap Kompetensi Kepemimpinan Pejabat Pengawas di Lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 8(2), 165 - 172.
Kum, T. (2018, Juni). Model Evaluasi Reaction Level dari Kickpatrick Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III Angkatan II Provinsi Gorontalo. Publik : (Jurnal Ilmu Administrasi), 7(1), 64.
Megasari, E. (2019). Analisis Implementasi Proyek Perubahan Jangka Menengah Alumni Pelatihan Kememimpinan Tingkat IV Tahun 2017. Good Governance, 15(2).
Muslihin, M. (2017). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(1), 22 - 32.
Punu, A. S., Rompas, W. Y., & Tampongangoy, D. L. (2014). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Terhadap Kompetensi Kerja Aparatur Di Sekretariat Daerah Kota Tomohon. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 3(004).
Ratna, S. (2016). Evaluasi Program Pasca Diklat. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. . Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Suparman, R., & Lucita, G. (2018, Juli 25). Evaluasi Kinerja Alumni Pelatihan Kepemimpinan Menggunakan Sistem Informasi Dalam Jaringan: Temuan Awal. Jurnal Borneo Administrator, 14(2), 119 - 134.
Suyatna, R. (2017). Pengaruh Desain Diklat dan Implementasi Diklatpim IV Pola Baru terhadap Peningkatan Kinerja ASN Provinsi Banten. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 4(1), 15 - 28.
Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.