Sosialisasi dan Pelatihan Penerapan Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Petani Cengkeh di Bone dan Bulukumba Sulawesi Selatan

Main Article Content

Nova Triani

Abstract

Praktik budidaya cengkeh yang dilakukan oleh petani di Bone dan Bulukumba, Sulawesi Selatan telah dilakukan secara turun-temurun, sehingga kurang memperhatikan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Petani cengkeh biasanya tidak memakai alat pelindung diri saat bekerja. Jika praktek kerja tersebut dilakukan secara terus menerus dan turun temurun maka akan terjadi peningkatan angka kematian dan sakit akibat bekerja di perkebunan cengkeh. Sehingga perlu dilakukan sosialisasi dan pelatihan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan penyuluhan tentang bahaya, resiko dan cara pencegahan penyakit dan kecelakaan kerja di perkebunan cengkeh. Sehingga petani cengkeh dapat mempraktekan budidaya cengkeh dengan aman dan sehat serta terhindar dari resiko sakit dan kecelakaan kerja. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan petani tentang bahaya dan resiko bekerja di perkebunan cengkeh serta cara pencegahannya. Para petani yang hadir mempraktekkan secara langsung cara menggunakan alat pelindung diri, sehingga pemahaman petani meningkat.


 

Article Details

Section
Articles

References

Busyairi, Muhammad, La Ode Ahmad Safar Tosungku, Ayu Oktaviani. 2014. “Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan”. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. Volume 13(2):112-124.

Elphiana, E.G., Yuliansyah M. Diah, M. Kosasih Zen. 2017. “Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Pertamina EP Asset 2 Prabumulih”. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan. Volume 14(2):103-118.

Fitriani, Nisaul, Panji Deoranto, Wike Agustin Prima Dania. 2013. “Analisis Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Produktivitas Tenaga Kerja dengan Metode Partial Least Square (Studi Kasus di PT. Surya Pratista Hutama Sidoarjo)”. Jurnal Industria. Volume 2(2):93-104.

ILO. 2013. Keselamatan dan Kesehatan Kerja: Sarana untuk Produktivitas. International Labour Organization. Jakarta. pp111.

Kartikasari, Ratih Dwi dan Bambang Swasto. 2017. “Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Karyawan terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT. Surya Asbes Cement Group Malang)”. Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 44(1):89-95.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta. pp277.
Marom, Eggy Aufal dan Bambang Swasto Sunuharyo. 2018. “Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Bagian Produksi Perusahaan PT. Lion Metal Works, Tbk)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Volume 60(1):187-194.
Paramita, Catarina Cori Pradnya. 2012. “Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. PLN (Persero) APJ Semarang”. Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 1(1):1-11.
Putera, Reza Indradi dan Sri Harini. 2017. “Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Jumlah Penyakit Kerja dan Jumlah Kecelakaan Kerja Karyawan pada PT. Hanei Indonesia”. Jurnal Visionida. Volume 3 (1):42-53.
Rosanti, Eka dan Yulia Dwi Andarini. 2017. “Program Pendampingan Pembentukan Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) pada Petani di Desa Demangan Ponorogo”. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat). Volume 2 (2):104-110.

Wahyuni, Nining, Bambang Suyadi, Wiwin Hartanto. 2018. “Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Kutai Timber Indonesia”. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 12(1):99-104.