Peningkatan Nilai Tambah Budidaya Jamur Tiram Kelompok Pemuda Desa Makmur Kecamatan Rumbai Pesisir

Main Article Content

Rita Wiyati
Sri Maryati
Muhammad Thamrin

Abstract

Kelompok pemuda Desa Makmur adalah sebagai  kelompok mitra kelanjutan dari PKM UNILAK tahun lalu yaitu kelompok usaha yang anggota nya kelompok pemuda dan mahasiswa Univeritas Lancang Kuning Pekanbaru. Kelompok pemuda selama ini hanya sampai batas dapat memproduksi jamur tiram saja, belum ada produk turunan lainnya, dan   dalam wawancara pada waktu survey tersebut masihlah sangat belum kekinian yang artinya produk budidaya jamur putih ini dikenal hanya sebatas oleh kalangan terbatas. Tujuan dari diadakannya pengabdian kepada  masyarakat ini adalah diharapkan mitra dapat memproduksi jamur tiram putih sekaligus dapat juga mengolah menjadi olahan makanan lain yang memiliki gizi yang tinggi , yaitu salah satunya dapat diolah menjadi makanan cemilan yang sehat yaitu Nugget. Sehingga selain dapat memproduksi jamur putih yang hanya dijual kiloan ,sekaligus dapat juga mengolah menjadi makanan dan dapat melibatkan pemudi disekitar wilayah Desa Makmur tersebut.Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengadakan pelatihan, penyuluhan tentang pentingnya mengelola  usaha oleh kelompok mitra dan dapat  membuat olahan dari hasil panen jamur tersebut diolah menjadi olahan cemilan makanan yang sehat. Hasil dari pengabdian ini adalah antusiasnya mitra  dalam melakukan diversifikasi produk dan  mengikuti dengan semangat kegiatan pengolahaan jamur tiram menjadi olahan makanan sehat bergizi yaitu Nugget.


 


 

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah Abiding, SE, 2013 ,Jurnal Koperasi dan UMKM, Universitas Hasanuddin, www.bimakab.go.id
Asep Saefullah, 2011, Kewirausahaan, Penerbit andi Yogyakarta
Ciputra, Harian Kompas, Penerbit Gramedia
H. Masngudi, 2000, buku ajar Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi Universitas Borobudur, Jakarta
Kasmir, 2006, kewirausahaan, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada Jakarta
Mulyadi Nitisusastro, 2009, Kewirausahaan &Manajemen Usaha Kecil, penerbit Alfabeta Bandung Martin Perry, 2002, Mengembangkan usaha kecil, penerbit PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta
Supardi, 1999, Tantangan dan Peluang bisnis Usaha Kecil dan Menengah, penerbit UII Press Yogyakarta
Rita Wiyati dan Tim, PKM Usaha Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Bagi Mahasiswa STIKes Al Insyirah Pekanbaru, Tahun 2016
Dede Nasrullah dkk, (2017), Pendampingan E-Commerce dan Pendidikan diCerme Kecamatan Ngimbang Lamongan, Aksiologiya, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 1. No.1
Jatmika dkk, (2015), Pelatihan Ketrampilan Masyarakat Balaraja dalam Bidang Pengelolaan Pemasaran, Jurnal Abdimas Volume 2 Nomor 1.
KementerianKUKM & BPS, (2004), Pengkajian Dukungan Finansial dan Non Finansial dalam Pengembangan Sentra Bisnis Usaha Kecil dan Menengah, Jakarta: Kementrian KUKM and BPS.
Khairunnisa Harahap dkk, (2017), Insinasi Pemasaran Daring Dikelompok Usaha Melur Di Desa Sambirejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 23 No 1.