Peningkatan Pengetahuan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Pengelola Keuangan Kelurahan Industri Tenayan Kecamantan Tenayanraya Kota Pekanbaru

Main Article Content

Ika Berty Apriliyani
Indarti Indarti
Aljufri Aljufri

Abstract

Kegiatan Pengabdian ini dilakukan di lingkungan Kelurahan Industri Tenayan Kecamatan Tenayan Raya kota Pekanbaru. Para peserta terdiri dari aparatur dan pengelola yang terkait dengan pelaporan keuangan. Laporan keuangan kelurahan yang merupakan bagian dari laporan pertanggungjawaban pemerintah daerah, dimana sistem pelaporannya telah di atur oleh pemerintah dan harus sesuai dengan prinsip dan standar yang berlaku. Hal ini sehubungan dengan sumber dana yang digunakan adalah merupakan sumber dana dari pemerintah khususnya pemerintah daerah yang berasal dari APBD. Oleh karena itu perlu penyampaian informasi dan pengetahuan yang lebih mendalam kepada Pengelola apratur kelurahan, sebagai tambahan pengetahuan yang telah diberikan oleh pelatihan-pelatihan yang telah di berikan pemerintah selama ini. Hasil pelaksanaan pengabdian ini menunjukkan peningkatan sebesar 90%, dengan peningkatan ini diharapkan diharapkan aparatur dan pengelola keuangan kelurahan dapat lebih tepat mengimplementasikan standar yang berlaku untuk penyusunan laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban. Metode Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah dengan melakukan sosialisasi dan diskusi mengenai standar dan tata cara penyusunan laporan keuangan. 


Kata Kunci : Laporan Keuangan Kelurahan, Pengelolaan Dana Kelurahan. 


 


 


ABSTRACT


 


Actitivities devotion was conducted in the Indusritenayan Village, at Tenayan Raya District, Pekanbaru City. The participants consisted of apparatus and managers related to financial reporting. Village financial reports that are part of the local government accountability reports, where the reporting system has been set by the government and must be in accordance with applicable principles and standards. This is related to the source of funds used is a source of funds from the government, especially local governments that come from the APBD. Therefore, it is necessary to convey more in-depth information and knowledge to the manager of the urban village apparatus, in addition to the knowledge that has been provided by the trainings that have been provided by the government so far. The results of this community service show an increase of 90%, with this increase it is expected that village officials and financial managers can more accurately implement the applicable standards for the preparation of financial statements as a form of accountability. Method of Implementation of this community service activity is by conducting socialization and discussion regarding standards and procedures for preparing financial statements.


Keywords: Village Financial Reports, Village Fund Management.

Article Details

Section
Articles

References

Juan Ng Eng, Wahyuni Ersa Tri, 2012. Panduan Praktis Standar Akuntansi Keuangan, Edisi 2, Jakarta : Salemba Empat

Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan, Ikatan Akuntan Indonesia
Sebastian Indra, 2006, Sistem Akuntansi Sektor Publik. Edisi 2 Jakarta, Salemba Empat.

Modul Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), Komite SAP

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lancang Kuning, 2016, Pedoman Penelitian