Kompetisi Aparatur Sipil Negara Sebagai Peserta Pelatihan TOC Dalam Menghadapi Pelatihan Melalui E-Learning Di BPSDM Riau

Main Article Content

Embung Megasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas informasi dan penggunaan E-learning bagi Aparatur Sipil Negara sebagai peserta pelatihan TOC di BPSDM Riau. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dengan menyebarkan kuisioner kepada seluruh responden yang berjumlah 30 orang. Kemudian analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang diproses dengan menggunakan persentase, data yang bersifat kualitatif akan digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Dari hasil analisis yang peneliti lakukan dapat dilihat bahwa kualitas informasi dan penggunaan E-learning bagi Aparatur Sipil Negara sebagai peserta pelatihan di BPSDM Riau tergolong pada kategori Baik, hal ini bisa dilihat dari tanggapan responden peneletian yang berjumlah 30 orang yang menyatakan “Setuju” sebesar 49,55%, dalam pengetahuan tentang kualitas informasi E-leearning menyatakan “Sangat Setuju” 47,11%, kemudian kemampuan responden dalam penggunaan E-learning menyatakan “ Setuju” sebesar 52,44%, . Berdasarkan kriteria penilaian yang ditetapkan bahwa kemampuan peserta pelatihan TOC telah siap dalam menghadapai kompetisi pelatihan melalui E-learning di BPSDM Riau.


 


 

Article Details

Section
Articles

References

Effendi, Empy dan Hartono Zhuang, 2005, E- learning Konsep dan Aplikasi, C.V. Andi Offset,Yogyakarta
Herman Dwi Surjono, 2011, Membangun Course E-learning Berbasis Moodle, UNY Press, Yogyakarta.
Munir, 2010, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Alfabeta, Bandung
I Kadek Suartama & I Dewa Kade Tastra,2014, E-learning Berbasis Moodle, Remaja Rosdakarya Bandung
Fremaditiya Tondy, 2012, Pengaruh Pemanfaatan Media E-Learning Dan Lingkungan Belajar Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas Viii Di SMPN 1 Gamping. Fakultas Teknik. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Rusman, dkk, 2013, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Raja Gravindo Persada, Jakarta.
Rusman, 2012, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Abad 21, Alfabeta,Jakarta.

Rohmah, L., 2016, Konsep E-Learning Dan Aplikasinya Pada Lembaga Pendidikan Islam. An-Nur, 3(2)