Pelatihan Aplikasi Keuangan Pada Industri Sabun Tanre Skin Menuju Go Digital

Main Article Content

Herliyani Hasanah Anik Sulistiyanti Indah Nofikasari

Abstract

Mitra dalam kegiatan ini adalah Tanre.Skin di Kabupaten Semarang yang bergerak di bidang industri sabun. Masalah yang dihadapi mitra adalah mitra belum dapat mengukur perkembangan bisnis karena tidak ada pemisahan keuangan pribadi dan bisnis. Mitra belum membuat catatan keuangan, baik arus kas maupun laba rugi. Mitra hanya mencatat transaksi harian dan persediaan yang masih dicatat secara manual menggunakan kertas. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan tentang aplikasi keuangan kepada para mitra yang berharap dapat lebih mudah dan efisien dalam pengelolaan keuangan. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa rata-rata persentase peningkatan nilai post test peserta dalam bidang manajemen keuangan sebesar 45,45% dan pada penggunaan teknologi informasi sebesar 41,17%. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat memberikan peningkatan pemahaman dan ketrampilan dalam penggunaan aplikasi keuangan bagi  timTanre.Skin.

Article Details

Section
Articles

References

Ediraras, Dharma. 2010. Akuntansi dan Kinerja UMKM. Jurnal Ekonomi Bisnis Nomor 2, Volume 15. Universitas Gunadarma.
Indonesia Best Brand Index 2013: Majalah SWA 19/XXIX/12-25 September 2013
Indonesia Best Brand Index 2012: Majalah SWA20/XXVIII/20 September – 3 Oktober 2012
Nugroho, N.T. 2019. Penguatan Koperasi KSM “Keluarga Sangat Miskin” di Desa Wirun Kecamatan Mojolaban Sukoharjo. Senadimas Unisri. September 2019
Srikandi, C., & Setyawan, A. B. 2004. Analisis Penerapan Siklus Akuntansi pada Usaha Kecil dan Menengah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah ESAI Volume 9.
https://kemenperin.go.id/artikel/21133/Perkuat-Daya-Saing-di-Era-Industri-4.0,-Kemenperin-Dorong-IKM-Goes-Digital, 10 Oktober 2019.