Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Online Collaborative Learning di SMK Negeri 1 Kandis

Main Article Content

M. Fadhly Farhy Abbas Herdi Herdi Destina Kasriyati

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini didasari dengan adanya permasalahan dan kebutuhan guru-guru SMK Negeri 1 Kandis dalam hal model pembelajaran berbasis informasi teknologi (IT). Para guru di sekolah mitra memiliki pengetahuan yang minim terhadap model pembelajaran berbasis IT. Dan, para guru tersebut memiliki waktu yang kurang untuk mengikuti pelatihan atau workshop dikarenakan kesibukan mengajar dan mengurus kegiatan administrasi sehari-hari. Target luaran dari kegiatan ini adalah publikasi ilmiah pada jurnal nasional khusus pengabdian masyarakat ber-ISSN. Seiring dengan hal tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan selama kurang lebih 1 tahun, mulai dari melakukan tahap analisis situasi, melakukan pelatihan, hingga pembuatan luaran kegiatan pengabdian. Kegiatan analisis situasi berupa observasi lapangan dan wawancara kepada guru, kemudian kegiatan pelatihan meliputi kegiatan pelatihan dan pendampingan penerapan model pembelajaran berbasis Online Collaborative Learning, dan disertai dengan diskusi dan tanya jawab kepada peserta kegiatan. Terakhir, pembuatan luaran kegiatan berupa penulisan artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional ber-ISSN.

Article Details

Section
Articles

References

Apriono, Djoko. 2013. Pembelajaran Kolaboratif: Suatu Landasan untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan Kerjasama. Edisi XVII nomor 1.

Koesoma A, Doni. 2009. Pendidik Karakter di Zaman Keblinger: mengembangkan visi guru sebagai pelaku perubahan dan pendidik karakter. Jakarta: Grasindo.

BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Abad 21. Jakarta: Tim Penerbit.

Wahyuni, Mei Dan Mustadi,Ali. 2014. Pengembangan Perangakat Pembelajaran Collaborative Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Reatif Dan Bersahabat. Jurnal Pendidikan Karakter

Laal, Marjan dan Mohammad, Seyed. 2011. Benefits of Collaborative Learning.

Richardus Eko Indrajit. 2016. Teknologi Informasi dan Perguruan Tinggi: menjawab Tantangan Pendidikan Abad 21.

Wijaya , Etistika Yuni , dkk. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global.