Pelatihan Komputer Akuntansi pada Guru dan Siswa Jurusan Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perpajakan Riau

Main Article Content

Reni Farwitawati
Masirun Masirun
Souvya Fithrie

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan Perpajakan Riau yang berlokasi di Jalan Purnama, Pasir Putih  memiliki guru sebanyak 32 orang dan murid sebanyak 675 orang. Sekolah ini memiliki 4 jurusan yaitu Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Administrasi Perkantoran, Perbankan dan Akuntansi. Dijurusan perbankan dan akuntansi ada banyak kekurangan mata pelajaran yang sebenarnya sangat penting untuk siswa-siswinya menghadapi persaingan dunia kerja. Disekolah ini belum ada guru yang bisa mengajarkan komputer akuntansi seperti mind your own business (Myob) dan zahir accounting padahal sekolah ini memiliki labor komputer yang cukup bagus dan lengkap. Hal ini karena guru-guru akuntansi di SMK Perpajakan tidak berasal dari lulusan jurusan akuntansi melainkan dari pendidikan ekonomi. Lulusan jurusan perbankan dan akuntansi saat ini sangat membutuhkan penguasaan komputer akuntansi karena kebutuhan dunia kerja saat ini. Maka dari itu kami ingin membantu mengajarkan komputer akuntansi untuk siswa-siswi jurusan perbankan dan akuntansi di SMK Perpajakan ini agar mereka bisa menguasai komputer akuntansi sebagai bekal mereka masuk ke dunia kerja Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan cara sosialisasi tentang komputer akuntansi Myob dan Zahir Accounting. Selanjutnya memberi pelatihan menggunakan software Myob dan Zahir Accounting kepada guru dan siswa SMK Perpajakan Riau. Kegiatan PKM ini terlaksana dengan baik. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa mitra cukup memperoleh manfaat dari pelatihan yg diberikan.

Article Details

Section
Articles

References

Elly Rahayu. 2018. Pengelolaan Keuangan Berbasis Komputer Bagi UPK Kecamatan Kisaran Barat Dan Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal. Vol. 1, No. 2, Juli 2018.
Elisabeth Riupassa, Shella Kriekoff, Trudy M. Nussy, 2019. Pelatihan Komputer Akuntansi Dengan Menggunakan Mind Your Own Business Pada jurusan Akuntansi SMK Negeri 6 Ambon. Jurnal Pengabdian Masyarakat Jamak (Manajemen & Akuntansi), Vol. 2, No. 2, Desember 2019.
Farida Ida, Aryanto, Sunandar, 2018. Zahir Accounting. Jurnal Dikema (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vo. 2, No. 2, 2018.
Siregar. Inova Fitri. Rinayanti Rasyad, Dini Onasis. 2018. Penggunaan Aplikasi Komputer Akuntansi Terhadap Kebutuhan Tenaga Akuntan Pada Perusahaan Dikota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas. Vol. 20, No. 2. 2018.
Syaiful. Ach. Hidayat, Djoo Sigit Say. 2008. Penerapan Sistem Komputerisasi Akuntansi Program Myob Pada Smk Muhammadiyah I Malang. Jurnal Dedikasi, Vol. 5. 2008
Umi Khabibah. 2007. Metode Pembelajaran Komputerisasi Akuntansi Dengan Cara Study Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang. Jurnal Modernisasi, Vol. 3 No. 1. Februari 2007.