Peningkatan Pengetahuan Tata Kelola Keuangan pada RT 04 / RW 10 Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru Riau

Main Article Content

Indarti Indarti
Ika Berty
Aljufri Aljufri

Abstract

Lembaga mitra pemerintah daerah, RT dan RW memiliki berbagai kegiatan yang harus dikerjakan. Begitu pula dengan berbagai tugas dan kewajiban yang menuntut setiap pelaksana untuk mewujudkannya. Permasalahan potensial yang dihadapi mitra adalah belum adanya sosialisasi atau pemberian pengetahuan tentang bagaimana Tata Kelola keuangan RT/RW dan masih rendahnya kemampuan softskill pengurus RT/RW membuat kurang efisiennya dalam pelaksanaan tata kelola keuangan di RT dan pelaporan keuangannya, sehingga akan memberikan dampak negatif terhadap pengelolaan keuangan. Pengabdian kepada masyarakat ini mempunyai tujuan sebagai berikut: Memberikan pengetahuan tentang bagaimana pelaksanaan Tata Kelola keuangan pada RT 04 RW.10 keluarahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru Provinsi Riau; Meningkatkan peran serta Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning terhadap masarakat dalam ikut serta mensosialisasikan bagaimana pelaksanaan Tata Kelola keuangan pada RT 04 RW.10 keluarahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru Provinsi Riau. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan kepada pengurus RT.04. RW 10 kelurahan Air Dingin Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru. Dimana peserta yang diharapkan  ikut berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa akan membuat catatan dan pelaporan sesuai dengan yang disarankan dalam pemaparan kegiatan sosialisasi tersebut. Kemudian juga untuk kedepannya akan melaksanakan tata kelola keuangan RT dengan lebih baik, sesuai dengan metode yang disampaikan oleh Tim PKM Unilak, karena dirasa perlu untuk meningkatkan Good Governance di lingkungan RT dan akan selalu melakukan komunikasi dengan tim PKM Unilak jika dalam pelaksanaannya terdapat kendala dalam mengimplementasikan tata kelola keuangan di lingkungan RT tersebut.

Article Details

Section
Articles

References

Bank Indonesia. (2015). Pengelolaan Keuangan. .Grup Pengembangan Keuangan Inklusif De- partemen Pengembangan Akses Keuangan Dan Umkm Bank Indonesia.

Ife, Jim, 1995. Community Development (Creating Community Alternatives, Vision, Analysis and Practice). Melbourne Australia: Long man Australia Pty Ltd.

Kurnia, R (2019). Panduan RT dan RW, Jakarta: Bee Media Pustaka