Perancangan Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan pada Pangkalan Gas di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru

Main Article Content

Inova Fitri Siregar
Rinayanti Rasyad
Dini Onasis

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk menglihat bagaimana Para pelaku usaha pada pangkalan Gas mencatat keuangan mereka , dimana pencacatan dalam suatu usaha merupakan hal yang paling pokok dalam menjalankan suatu usaha. Faktor lainnya adalah tetap dirasa perlu interaksi fisik dengan konsumen. Dalam kaitannya dengan cash flow, pendanaan modal eksternal seperti bantuan pemerintah dan menjadi lebih penting bagi para pelaku usaha untuk menghadapi tantangan cash flow. Pada pelaksanaan presurvey peneliti menemukan beberapa pelaku usaha muda tidak mempunyai pemahaman dalam mengatur , mencatat, melaporkan, dan menyajikan cas flow, dan pada saat wawancara berlangsung pelaku usaha menyatakan pelaporan dan pemahaman ilmu akuntansi dan system informasi akuntansi bukanlah hal yang penting bagi mereka. Metode kegiatan dalam program pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan dan pendampingan. Mitra Pengabdian kepada Masyarakat adalah Usaha Pangkalan Gas dengan Agen Resmi dari PT.Alam Anugrah Sejahtera dan telah mendapatkan izin dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, terdapat 5 pangkalan gas yang berada di Kecamatan Tampan, yaitu Pangkalan Gas Nurmaria , Pangkalan Gas Pak Idil, Pangkalan Gas Iman , Pangkalan Gas Husin, Pangkalan Gas Hussen. Hasil Pengabdian kepada masyarakat adalah terdapat peserta yang tidak memahami siklus pencatatan akuntansi baik secara manual, akan tetapi mereka mengetahui manfaat dari pencatatan akuntansi

Article Details

Section
Articles

References

Tulus. Tambunan. Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. (Jakarta: Salemba Empat, 2002). h. 97
Dwi Lestanti. Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, dan Motivasi Kerja Terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku UMKM di Boyolali. (Yogyakarta: Skripsi, Universitas negeri Yogyakarta, 2015) h. 102.
Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan, Data Jumlah UKM Di Kota Medan Tahun 2017. (Medan, 2017)
Elsa Nanda Utami, Mulyaningsih dan Hendrati Dwi. Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM (Studi Pada UMKM peserta program PUSPA 2016 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia). (e- Proceeding of Management : Vol.4, No.1 April 2017). h. 643.

Dwi Lestanti. Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, dan Motivasi Kerja Terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku UMKM di Boyolali. (Yogyakarta: Skripsi, Universitas negeri Yogyakarta, 2015). h. 81.
Zaki Baridwan. Intermediate Accounting. Edisi Tujuh. (Yogyakarta: BPFE, 2000). h. 112
Muhammad Arfan Ikhsan dan Ishak. Akuntansi Keprilakuan. (Jakarta: Salemba Empat). h.36.
Tarmizi, Rosmiaty dan Ni Luh Sartika Bugawanti. Pengaruh Persepsi Pengusaha Kecil dan Menengah terhadap Penggunaan SAK ETAP di Kota Bandar Lampung. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol 4 tahun 2013
Purwanti, Ira & Hudiwinarsih, Gunasti, Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Keuangan Dan Pengaruhnya Pada Keberhasilan Mengelola Perusahaan Kecil Dan Menengah Di Surabaya. (The Indonesian Accounting Review, Volume 2, No. 1, January 2012, pages 11 – 24, 2012) h.22.
Sunaryanto, Studi Mengenai Orientasi Tenaga Penjual Pada Pelanggan Yang Mempengaruhi Kinerja Tenaga Penjual. (Semarang: Tesis Universitas Diponegoro, 2005). h. 114.

Yayuk Widiyanti. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Pengushaa Kecil Dan Menengah Atas Penggunaan Informasi Akuntansi Keuangan. (Studi Pada Pengusaha Kecil dan Menengah di Sentra KerajinanTas Kain Kabupaten Kendal). (Semarang: Skripsi Akuntansi Universitas Negeri Semarang, 2013). h. 28.
Abubakar & Wibowo. Akuntansi Untuk Bisnis: Usaha Kecil Dan. Menengah. (Jakarta: Grasindo, 2004), h.112
Destiana Setyaningrum, Adi Wiratno dan Sukirman, 2014. Pengaruh Pendidikan Pemilik, Pengetahuan Akuntansi Pemilik, Budaya Perusahaan, Dan Umur Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UKM Dengan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Pemoderasi Journal & Proceeding Universitas Jenderal Sudirman, Vol. 4 No.1, 2014 h. 19-20.
Anoraga Pandji, Pengantar bisnis. Pengelolaan Bisnis Dalam Era Globalisasi. (Jakarta: Rieneka Cipta, 2007). h.95
Harmaizar Z. Menggali Potensi Wirausaha. (Bekasi: Dian Anugerah Prakas, 2006). h. 85.
Mustaqhfiroh. Faktor Penentu Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil dan Menengah Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Intervening. (Semarang: Skripsi S1, Universitas Negeri Semarang.