Peningkatan Pendapatan Masyarakat melalui Pembuatan Konektor Masker di Kelurahan Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar

Main Article Content

Murnawati Murnawati
Lili Erti
Tasril Tasril

Abstract

Ibu-ibu Kelurahan Bangkinang, Kecamatan Bangkinang pada umumnya masih memiliki sangat banyak waktu luang setelah mereka selesai mengerjakan pekerjaan rutin rumah tangga. Keterampilan yang mereka miliki untuk mengkreatifitaskan cara membuat konektor masker di musim pandemi covid 19 yang terbuat dari bahan  manik manik. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu kegiatan tri dharma perguruan tinggi, maka diharapkan dapat memberikan solusi untuk membantu memberikan ilmu kepada masyarakat khususnya ibu-ibu Kelurahan Bangkinang, Kecamatan bangkinang. Salah  satu  upaya  untuk  meningkatkan  kreativitas  dan  keterampilan  ibu-ibu tersebut adalah dengan melalui peningkatan ketrampilan membuat konektor masker dengan bahan manik manik. Setelah proses pembuatan konektor masker dimusim pandemic covid 19, langkah berikut untuk meningkatkan nilai  dari produk dari manik manik dibuat menjadi konektor yg disukai wanita untuk aksesoris masker. Target yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah   melalui peningkatan ketrampilan ibu ibu membuat  konektor masker  dan ekonomis serta peluang untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan yang bernilai ekonomis.


 

Article Details

Section
Articles

References

Busono, T, 2014, Konsep Dasar Kewirausahaan dan Wirausaha, http://silabus.upi.edu/Direktori/FPTK/Teknik_Arsitektur_Perumahan_(D3)/WIRAUSAHA%20MATERI%20terbaru.doc. Diakses pada tanggal 4 September 2015.
Hadiyati, H., & Fatkhurahman, F. (2021). Dampak Kepercayaan Diri Mahasiswa Berwirausaha Melalui Lingkungan Keluarga dan Kemandirian. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 5(1), 77-84.
Hadiyati, H., Suroto, B., & Fatkhurahman, F. (2019). Pembinaan Kelompok Usaha Bersama Bagi Perempuan Berwirausaha Di Perumahan Graha Rawa Bangun Kota Pekanbaru. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 57-61.
Herjanto Eddy.(1999). Manajemen Produksi dan operasi. Edisi Kedua. Penerbit PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.
Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran. Diterjemahkan oleh Hendra Teguh dari Buku Marketing Management 9th Ed. Jakarta: Prenhallindo
Sudarto, Y. 2000. Budidaya Waluh. Kanisius, Yogyakarta.
Suroto, B., Novita, N., Pailis, E. A., Waldelmi, I., & Fatkhurahman, F. (2017). Metode Penelitian Tindakan Solusi Bagi Masalah Sosial. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 1(1), 25-28.
Tjiptono. F. 1999. Strategi Pemasaran, Yogyakarta, Andi Offset