Peningkatan Pendapatan Melalui Usaha Ekonomi Kreatif Pembuatan Konektor Masker di Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru

Main Article Content

Lili Erti
Murnawati Murnawati
Tasril Tasril

Abstract

Pengabdian masyarakat merupakan suatu proses edukasi kepada masyarakat dengan tujuan untuk memperbaiki kehidupan masyarakat ataupun lingkungan sekitarnya. Saat ini kegiatan pemberdayaan masyarakat juga menjadi upaya untuk meningkatkan pembangunan yang berkelanjutan khususnya pada masa pandemic saat ini. Selain itu, ibu-ibu di Kelurahan Kampung Melayu,  Kecamatan  Sukajadi pada umumnya masih memiliki sangat banyak waktu luang setelah mereka selesai mengerjakan pekerjaan rutin rumah tangga. Keterampilan yang mereka miliki untuk mengkreatifitaskan cara membuat konektor masker di musim pandemi covid 19 yang terbuat dari bahan  manik manik. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu kegiatan tri dharma perguruan tinggi, maka diharapkan dapat memberikan solusi untuk membantu memberikan ilmu kepada masyarakat khususnya ibu-ibu Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Pekanbaru. Salah  satu  upaya  untuk  meningkatkan  kreativitas  dan  keterampilan  ibu-ibu tersebut adalah dengan melalui peningkatan ketrampilan membuat konektor masker dengan bahan manik manik. Setelah proses pembuatan konektor masker dimusim pandemic covid 19, langkah berikut untuk meningkatkan nilai  dari produk dari manik manik dibuat menjadi konektor yg disukai wanita untuk aksesoris masker. Target yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah   melalui peningkatan ketrampilan ibu ibu membuat  konektor masker  dan ekonomis serta peluang untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan yang bernilai ekonomis.


 

Article Details

Section
Articles

References

Busono, T, 2014, Konsep Dasar Kewirausahaan dan Wirausaha, http://silabus.upi.edu/Direktori/FPTK/Teknik_Arsitektur_Perumahan_(D3)/WIRAUSAHA%20MATERI%20terbaru.doc. Diakses pada tanggal 4 September 2015.

Herjanto Eddy.(1999). Manajemen Produksi dan operasi. Edisi Kedua Penerbit PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran. Diterjemahkan oleh Hendra Teguh dari Buku Marketing Management 9th Ed. Jakarta: Prenhallindo.

Sudarto, Y. 2000. Budidaya Waluh. Kanisius, Yogyakarta.


Tjiptono, F. 1999. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.