EVALUSAI PROGRAM PENDIDIKAN HIZBUL WATHAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAM DALAM KEPANDUAN DENGAN MODEL CIPP DI SD MUHAMMADIYAH PEPE BANTUL

Main Article Content

Ahmad Rizki Wijaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan kesesuaian konteks program pendidikan 2) mendeskripsikan kesesuaian input terhadap program pendidikan 3) mendeskripsikan kesesuaian proses program pendidikan 4) mendeskripsikan kesesuaian produk program pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian CIPP dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Muhammadiyah Bantul. Sampel yang diambil sebanyak 20 responden dengan random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner dan wawancara. Analisis data deskriptif, hipotesis diuji dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan Islam secara umum telah tertanam dalam pemenuhan para pendidik meskipun mereka bukanlah pendidik yang berkompeten di dalamnya. Proses pembelajaran yang berjalan dapat terlaksana dengan baik walaupun dilakukan dengan tenaga pendidik yang nonprofesional, dan peserta didik sudah terbiasa menerapkan nilai-nilai tersebut.
nilai-nilai Islam.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad, Raden Muhajir Ansori. 2016. Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik, Jurnal Pustaka.
Andika, Rama Thio Rahma (et al). 2018. Analisis Implementasi E-Budgeting Dengan Menggunakan Model CIPP Pada Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta.
Ashiong, P. Munthe (2015). Pentingnya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan, scholaria.
Azwa, Rusmadi (2012). Kredibilitas, dayatarik, dan kewenangan pinpinan sebagai komunikator terhadap etos kerja karyawan, Jurnal Ilmu Komunikasi.
Bancong*, Subaer (2013). Profil penalaran logis gaya berfikir dalam memecahkan masalah fisika peserta didik.
Dwi, Agustanico Mulyadi (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi, Jurnal Ilmiah PENJAS.
Farozi Amin, Umi Fadillah (2014). Buku Saku Gerakan Pramuka Bilingual Berbasis Android, KomuniTi.
Hakim, Lukman (2012). Internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan sikap dan prilaku siswa sekolah dasar Isalam terpadu Al-Muttaqin kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agma Islam -Ta’lim.
Hasanah, Hasyim (2016). Teknik-Teknik Observasi, Jurnal At-Taqaddum.
Iskandar (2015). Nilai-nilai pendididkan Islam di perpustakaan : sebuah pemikiran, JUPITER.
Khalish, Raisul dan Aris Ansori (2013). Pengembangan modul tranmisi otomatis mobil untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata diklat system tranmisi pada siswa SMK kelas XI jurusan TKR di SMKN 1 Baureno.
Melati, and Hustarna (2010). Analisis deskriptif penggunaan grammatical metaphor dalam tulisan mahasiswa program studi bahasa Inggris Universitas Jambi, Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora.
Mustofa, Imron (2017). Upaya Menanamkan Nilai Perdamaian melalui kegiatan Ekstrakulikuler Kepanduan Hizbul Wathan Kelas V Di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede.
Muyana, Siti (2017), Context Input Proses Product (CIPP): model evaluasi layanan informasi.
Nul, Lukma Hakim(2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit.
Nur’ani, Enggar (2014). Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Hizbul Wathan (Studikasus Di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Thun Pelajaran 2014/2015.
Nur, Dwiki Rahmawati (2017). Pelaksanaan Hizbul Wathan Sebagai Penguat Kecerdasan Emosional Siswa Di SD Muhammadiyah 5 Surakarta.
Patil, Yogesh .and Sunil Kalekar. (2015). CIPP Model For School Evaluation.
Sholihah Fasihatus (2017). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Ibadah Sholat Siswa Kwlas XI di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya.
Sudaman (2014). Fenomenologi Husserl sebagai metode filsafat eksistensial.
Sarwoto, Jonathan (2009), Memandu pendekatan kuantitatif dan kualitatif: Mungkinkah?.
Tamara, Hendri Yuda .and Putra Anggina WS (2015). Pengetahuan tentang pengetahuan kegawat darutan pada siswa anggota Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah Gombong, Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan.
Julia., Fani Fiana, Daharnis, Mursyid Ridha (2013). Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling, Jurnal Ilmiyah Konseling.
Kuswono (2013), Pendidikan karakter pola Muhammadiyah, Jurnal Guidena.
Nurul Sitin Khasanah, Zainal Arifin (2017). Kepemimpinan siswi salam penerapan nilai-nilai religiusitas di maderasah Mu’alaimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam,2(1),10.
Handoko Krisno (2016), Peningkatan karakter disiplin dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan melalui kegiatan Pramukan di gudep maderasah Aliyah Negeri Babakan lebaksiu kabupaten tegal tahun 2016/2017.