PELATIHAN PEMBUKUAN SEDERHANA BAGI UMKM MUDA RUMBAI

Main Article Content

Aznuriyandi Aznuriyandi
Dwika Lodia Putri
Nurmansyah Nurmansyah

Abstract

Tujuan dari kegiatan Program Layanan Masyarakat melalui PKM (Program Kemitraan Masyarakat) pada pelatihan pembukuan sederhana bagi pelaku usaha UMKM Muda Rumbai, Kota Pekanbaru adalah mampu membuat pembukuan sendiri agar tertib dalam melakukan pencatatan keuangannya sehingga dapat terukur pengeluaran, pemasukannya dan keuntungan yang diperoleh serta dapat mengetahui perkembangan usahanya. Metode yang digunakan dengan cara pelatihan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pelatihan ini adalah dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan wirausaha di dalam membuat pembukuan sedehana sehingga meningkatkan motivasi di dalam bekerja. Impikasinya adalah melalui pelatihan pembukuan sederhana pelaku usaha UMKM Muda Rumbai mampu memahami cara berwirausaha yang baik melalui pencatatan keuangan.


 


 

Article Details

Section
Articles

References

Hapsari, D.P, dan Hasanah A.N. (2017). Model Pembukuan Sederhana Bagi Usaha Mikro Di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. Jurnal Akuntasi, 4 (2), 36.
Maulani, Terra. Septina;. (2016). Pelatihan Pembukuan Keuangan Sederhana dan Motivasi Kewirausahaan pada Kelompok Usaha Makanan RW 02 Kelurahan Neglasari Kecamatan Cibeunying Kaler Bandung. Jurnal Dharma Bhakti STIE Ekuitas, 1 (1), p.33.
Rivai, V. (2013). Commercial Bank Management: Manajemen Perbankan dan Teori ke Praktik. Edisi 1. Cetakan 1. Jakarta:: Rajawali Pers.
Subur, Rahmad Santoso dan Hasyim Muhammad. (2014). Pelatihan Manajemen Keuangan pada pelaku Usaha Toko Kelontongan Dusun Puluhan Desa Banyusidi Pakis Magelang Jawa Tengah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 3 (2), 139.
Trastvation. (2021). Pentingnya Pembukuan Sederhana bagi UMKM.