PENINGKATAN SARANA SANITASI MUSHOLA DARUL FALAH DI DESA PONGKAI ISTIQOMAH KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

Main Article Content

Sjelly - Haniza
Ulfa Jusi
Harnedi Maizir
Ahmad Hamidi
Randhi Saily
Ath Thaariq Muhammad Yandes

Abstract

Kebersihan lingkungan merupakan salah satu tujuan program kesehatan untuk memperoleh derajat kesehatan masyarakat yang kondusif. Salah satu program tersebut adalah peningkatan sarana dan prasarana yang dimiliki bersama oleh masyarakat. Mushola Daraul Falah terletak di desa Pongkai Istiqomah yang merupakan fasilitas yang dimiliki bersama oleh masyarakat setempat. Saat tim melakukan survei lapangan, diketahui bahwa musala tidak memiliki fasilitas kamar mandi yang layak untuk digunakan. Hasil rapat dan diskusi dengan tim dan pejabat penanggung jawab dilakukan dalam bentuk perbaikan fasilitas kamar mandi dan pembuatan septic tank. Pelaksanaan pekerjaan ini dilaksanakan bekerjasama dengan masyarakat setempat selama 4 hari. Kegiatan ini meliputi pemasangan keramik lantai dan dinding, pemasangan closed squat untuk 2 kamar mandi dan pembuatan septic tank (1,5 x1) m dengan kedalaman 1,5 m. Hasil dari kegiatan ini diharapkan masyarakat akan merasa nyaman menggunakan musala dan lingkungan sekitar musala menjadi bersih dan tidak ada bau yang menyengat disekitarnya.

Article Details

Section
Articles

References

Ary Susatyo Nugroho, F. K. dan P. (2012). Pengelolaan Kebersihan Dan Kesehatan Lingkungan Masyarakat Kalicari Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. E-Dimas, 3(2), 21.

Badan Standarisasi Nasional, B. I. (2002). SNI 03-2399:2002 Tata Cara Perencanaan Bangunan MCK Umum.

Edi Sutoyo, Sigit Dwi Pramono, Sulha, K. W. P. (2019). Pemanfaatan MCK Sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Warga Rt 04/01 Desa Sadeng. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(3), 208.

Fajar Hidayanto, Dedi Setia Ardi, Mohammad Zidni Ilmi, I. G. S., Ashar Maulana Religia, Futihat Nikmatul Millah, Y. N. S., & Amelia Najmi Zakiyya, dan Y. N. A. (2015). Mck sebagai proritas utama dalam kesehatan keluarga. Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(1), 5–8.

Fikha Raihani, Yudi Chadirin, Heriansyah Putra, Triyogo Aleksandria, S., Larasaty, Risma Amelia, Giri Rasyidpradana Ganda, Nurul Chairunnisa, D., & Meisnnehr, Fazrina Andriani Sakinah Lubis, M. A. K. (2020). Desain Instalasi Mandi , Cuci , dan Kakus di Cipapais , Kelurahan Kadumerak , Kabupaten Pandeglang ( Design of Bathing , Washing and Toilet Installation in Cipapais , Kadumerak Village , Pandeglang Prefecture ). Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(3), 513–518.

Hari Rarindo, Asrori, H. I. F. dan N. Q. (2021). Penggunaan Jamban/MCK Ditinjau Dari Aspek Kesehatan Lingkungan. Jurnal Ilmiah Teknologi, 15(1), 1–7.

L.M. Azhar Sa’ban, Anwar Sadat, A. N. (2020). Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Dalam Perbaikan Sanitasi Lingkungan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 10–16.

Rochyat, I. G. (2015). Pembuatan Desain Mck Di Kampung Masjid Dusun Lemah Duhur Gunung Bunder 1 - Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat : ABDIMAS, 1(2), 45–49.

Standar Nasional Indonesia. (2017). SNI 2398: 2017 Tata Cara Perencanaan Tangki Septik dengan Pengolahan Lanjutan (Sumur Resapan, Bidang Resapan, Up flow Filter, Kolam Sanita). Jakarta, 31.