STRATEGI MEMBANGUN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KREATIFITAS PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Nazmah Nazmah
Edi Winata
Desy Irana Dewi Lubis

Abstract

Masa anak-anak adalah masa yang menyenangkan. Bermain adalah hal yang lumrah untuk anak-anak. Pengabdian masyarakat yang dilakukan pada SD Negeri 060929 Medan dengan metode belajar sambil bermain. Dengan metode ini Setelah dilakukan pendekatan dan pengelompokan siswa dalam permainan ini, hasil yang diperoleh yaitu siswa menjadi lebih aktif ketika diajak belajar sambil bermain dan mereka lebih kompak dalam sebuah kelompok dan menjaga kerjasama kelompok masing-masing. Kerjasama dan tanggung jawab setiap siswa semakin terlihat ketika diberi tantangan dan dijanjikan hadiah. Anak-anak lebih ekpresif dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan.

Article Details

Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik. (2022). Jumlah Penduduk Hasil Proyeksi Menurut Provinsi dan Jenis Kelamin (Ribu Jiwa). Indonesia: https://www.bps.go.id.
Bambang Harmanto, D. K. (2018). MEMUDAHKAN PELAPORAN PERKEMBANGAN ANAK TK MELALUI PROGRAM APLIKASI. Jurnal Audi: Kajian Teori dan Praktik dibidang Pendidikan Anak Usia Dini.
heri Hidayat, D. D. (2021). Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini Mulai Bentuk Geometri di Era Digital. Aulad : Journal on Early Childhood, 4, 17-21.
Jaya, A. F. (2019). Strategi Pemanfaatan Aplikasi Kids Center Untuk Mengembangkan Kreatifitas Anak Kelompok A Di Lingkungan Keluara. Ronggolawe: Child Education Journal.
sari, M. (2021). Penerapan Metode Belajar Sambil Bermain dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Jelas II Sekolah Dasar Negeri 94 Lalong Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.
Shadiq, F. (2004). Pemecahan Masalah Penalaran dan Komunikasi. Yogyakarta: Departemen Pendidikan nasional Direktorat Jendral pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika.
Suratno. (2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. . Jakarta: Depdiknas.