PENGENALAN LOKASI USAHA PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) GRAHA PERMAI DI KELURAHAN TUAH KARYA KOTA PEKANBARU

Main Article Content

Novita Novita
Rina Sundari

Abstract

Lokasi usaha menjadi salah satu factor bauran pemasaran, dimana produk yang dihasilkan produsen tentunya untuk sampai ke konsumen secaara efektif perlu lokasi usaha yang strategis. Perlu memberikan pengetahuan dan pengenalan kepada usaha yang dijalankan para pemula yang baru menjalankan usaha dengan mengajak berkunjung ke salah satu usaha yang berlokasi strategis. Salah satunya adalah usaha took oleh-oleh Absy. Pengenalan dilakukan dengan mengajak berkunjung langsungĀ  ke lokasi usaha, kemudian mendengarkan penjelasan dari pemilik usaha akan dampak lokasi usaha terhadap omset usahanya. Hasil pengabdian yang dilakukan menunjukkan bahwa adanya perubahan pengetahuan yang dimiliki oleh anggota setelah berkunjung, dengan mengetahui ramainya pelanggan, ditambah dengan variasinya permintaan pelanggan yang menambah kreatifitas dari produsen dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, serta menambah semangat dari anggota untuk meniru dan mencari tempat usaha yang strategis dalam rangka meningkatkan omset penjualan tersebut.

Article Details

Section
Articles

References

Fitriyani, S., Murni, T., & Warsono, S. (2018). Pemilihan Lokasi Usaha dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Jasa Berskala Mikro dan Kecil. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 47-58.
Hasanuddin, M. I. (2020). Pengetahuan Awal (prior knowledge): konsep dan implikasi dalam pembelajaran. Edisi, 2(2), 217-232.
Ilyasa, N. (2018). Pengaruh Tempat Usaha, Display Produk Dan Personal Selling Secara Islam Terhadap Keputusan Pembelian Di Pasar Batik Desa Trusmi Kabupaten Cirebon Tahun 2018. INKLUSIF (JURNAL PENGKAJIAN PENELITIAN EKONOMI DAN HUKUM ISLAM), 3(2), 106-120.
Purnomo, B. R. (2017). Efektivitas Pelatihan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Motivasi Berwirausaha Pada Penyandang Tunarungu. Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1(1), 21-30.
Saputra, A. A., & Santi, R. C. N. (2022). Pemilihan Tempat Usaha Kuliner Di Wilayah Semarang Barat Dengan Metode SAW Dan Topsis Berbasis Web. Jurnal Tekno Kompak, 16(2), 44-58.
Siahaan, M. (2022). Penyuluhan Masyarakat Kewirausahaan Bidang Ekonomi Kreatif Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Desa Sriamur, Tambun Utara, Bekasi. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 106-121.
Wijaya, U. T., & Tanumihardja, J. E. (2014). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Konsep Diri Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 79-86.