LITERASI PEMASARAN ONLINE PADA ANGGOTA KELOMPOK USAHA BERSAMA GRAHA PERMAI DI KELURAHAN TUAH KARYA KECAMATAN TUAH MADANI

Main Article Content

Hadiyati Hadiyati
fatkhurahman fatkhurahman
Arizal N

Abstract

Kurangnya pengetahuan dan pemahaman anggota KUB Graha Permai dalam memasarkan produk secara online yakni dengan memanfaatkan media sosial menyebabkan kalah saing penjualan yang dilakukan selama ini, hal ini karena kurangnya kemampuan memahami dan menggunakan media online dalam memasarkan produk. Tujuan diadakan pengabdian bagi masyarakat ini dimaksudkan agar anggota KUB Graha Permai mendapatkan pengetahuan dan pemahaman dan ketrampilan dalam meningkatkan penjualan melalui pemasaran online dengan memanfaatkan media sosial. Target yang dicapai dalam pengabdian ini adalah kemampuan menggunakan media sosial dalam memasarkan produk.    Metode yang digunakan adalah memberikan pelatihan pemilihan tempat usaha dalam meningkatkan pemasaran produk yang dihasilkan anggota KUB Graha Permai. Metode ceramah dan kunjungan ke tempat jasa transportasi yakni grab, evaluasi menggunakan pre test dan pos test akan memberikan penilaian yang lebih nyata kepada mitra akan keberhasilan kegiatan ini. Diharapkan mitra akan mengikuti penjelasan dengan sungguh-sungguh dan ditargetkan menghasilkan pengetahuan dan ketrampilan dalam memilih tempat usaha  yang baik.Hasil pengabdian menunjukkan adanya perubahan pengetahuan dan pemahaman mengenai literasi pemasaran online produk olahan makanan anggota KUBE Graha Permai.

Article Details

Section
Articles

References

Juliaristanti, V., Ramdan, A. M., & Jhoansyah, D. (2020). Analisis Karakteristik Followers dan Konten Iklan Dalam Mengukur Efektivitas Instagram Stories Advertisement Pada Produk Kosmetik Wardah. Syntax, 2(8).
Kotler, Phillip. 2010. Marketing. Jakarta: Erlangga
Kurniawati, E., Santoso, A., & Widowati, S. Y. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB)“SRIKANDI. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 132-138.
Nikmah, F. (2017). Kajian tentang pemasaran online untuk meningkatkan peluang bisnis. Adbis: Jurnal Administrasi dan Bisnis, 11(1), 47-56.
Solihin, D., Ahyani, A., Karolina, K., Pricilla, L., & Octaviani, I. S. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Dedikasi Pkm, 2(3), 307-311.
Sulianta, Feri. 2015. Keajaiban Sosial Media. Jakarta: Elex Media Komputindo
Zeeshan, M., & Saxena, K. (2019, December). Explorative Study of Artificial Intelligence in Digital Marketing. In International conference on Computer Networks, Big data and IoT (pp. 968-978). Springer, Cham.